HUBUNGAN KONSUMSI AIR SUNGAI MARTAPURA DENGAN KARIES GIGI PADA SISWA KELAS IV, V, DAN VI DI SDN SUNGAI KITANO 2 MARTAPURA DAN SDN KUIN UTARA 6 BANJARMASIN

Hafizah Nurmaulida Syahputri(1), Ida Rahmawati(2*), Fahmi Said(3)

(1) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(2) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(3) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu aspek kesehatan tubuh yang tidak dapat diabaikan, salah satunya adalah karies gigi. Fluor yang terkandung didalam air memiliki dampak yang dapat mempengaruhi karies gigi. Menurut laporan hasil uji laboratorium, air sungai Martapura di wilayah Desa Sungai Kitano, memiliki kandungan fluor sebanyak 0,45 ml/l dan di wilayah Kuin Utara memiliki kadar fluor sebanyak 0,0846 mg/l. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan konsumsi air sungai Martapura dengan karies gigi pada siswa kelas IV, V, dan VI di SDN Sungai Kitano 2 Martapura dan SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI di SDN Sungai Kitano 2 Martapura yang berjumlah 40 siswa dan SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata DMF-T di SDN Sungai Kitano 2 Martapura adalah 2,08 dan rata-rata DMF-T di SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin adalah 2,73. Dari hasil uji Mann-Whitney, nilai signifikansi (Asymp Sig. 2-tailed) kurang dari α (0,036 ≤ 0,05), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan konsumsi air sungai martapura dengan karies gigi pada siswa kelas IV, V, dan VI di SDN Sungai Kitano 2 Martapura dan SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Disarankan kepada masyarakat, khususnya orang tua agar lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut diri sendiri maupun kesehatan gigi dan mulut anaknya agar dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi secara dini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ningsih, D., M., D., A., Hutomo, L., C., dan Rahaswanti, L., W., 2013. Gambaran Perilaku Menggosok Gigi Terhadap Kejadian Karies Gigi pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidemen Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran. Universitas Udayana. Denpasar. Bali.

Riskesdas. 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Notohartojo, I., T., dan Ghani, L., 2015. Pemeriksaan Karies Gigi pada Beberapa Kelompok Usia oleh Petugas dengan Latar Belakang Berbeda di Provinsi Kalimantan Barat. Buletin Penelitian Kesehatan. Pusat Teknologi Terapan dan Epidemiologi Klinik. Bogor.

Oktavilia D., Probosari N., Sulistiyani. 2014. Perbedaan OHI-S, DMF-T, dan def-t pada siswa sekolah dasar berdasarkan letak geografis di Kabupaten Situbondo. E-Jurnal Pustaka Kesehatan. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Jember. Jawa Timur.

Eki, F., H., 2016. Efektifitas Mengunyah Buah Pepaya (Carica papaya L.) dan Buah Apel (Malus sylvestris mill) sebagai Self Cleansing Terhadap Perubahan Indeks Debris pada Siswa Kelas V SD Islam Budi Mulia Kota Padang. E-skripsi Universitas Andalas. Diploma Thesis. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Andalas. Padang. Sumatera Barat.

Dinkes Kabupaten Banjar. 2016. Profil Kesehatan Kabupaten Banjar.

Sobatnu, Ferry; Irawan, Faris Ade; Salim, Agus. 2017. Identifikasi dan Pemetaan Morfometri Daerah Aliran Sungai Martapura Menggunakan Teknologi GIS. Jurnal Gradasi Teknik Sipil Volume 1 Nomor 2. Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin.

Ulmi, Eriza Islakul & Amal, Nilna. 2015. Kajian Ekohidraulik Sungai Martapura. Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru

Dirks, O., B., 1993. Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Effendi, Hefni. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Penerbit Kanisius.Yogyakarta.

Nadia, Widodo, Hatta I., 2018. Perbandingan Indeks Karies Berdasarkan Parameter Kimiawi Air Sungai dan Air PDAM pada Lahan Basah Banjarmasin (Tinjauan pada Murid Kelas I SMPN 15 Banjarmasin dan Kecamatan Kuin Banjarmasin). Jurnal Kedokteran Gigi. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Musta’inah, Ita. 2012. Perbedaan Karies Gigi dan Kadar Fluor Air Sumur Siswa SMA di Kecamatan Asembagus (daerah pantai) dan Kecamatan Sukosari (daerah gunung). Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Jember

Tarigan, Rasinta. 2013. Karies Gigi. Edisi 2. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Ihsanti, F., Widodo, Hatta, I., 2018. Perbandingan Indeks Karies DMF-T Berdasarkan Jumlah Kandungan Fluor Air Gunung di Kabupaten Balangan dengan Air Sungai di Banjarmasin. Dentin Jurnal Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi dan Bagian Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Sari, Sheizi Prista. 2007. Hubungan Faktor Predisposisi Dengan Perilaku Personal Higiene Anak Jalanan Bimbingan Rumah Singgah YMS Bandung. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Padjajaran. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i1.11128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.