HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI, KEBIASAAN JAJAN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR, SISWA KELAS VIII SMPN 6 KOTA BANJARBARU

Fibiyola Fibiyola(1), Eddy Rahman(2*), Mahmudah Mahmudah(3)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah Negara. Prestasi belajar siswa dianggap sebagai ukuran untuk menentukan tingkat keberhasilan proses pendidikan di Indonesia (UU RI Nomor 20 tahun 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan pagi, kebiasaan jajan, dan status gizi dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMPN 6 Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan survei analitik, dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Banjarbaru. Instrument menggunakan kuesioner ,timbangan injak dan mikrotoise, Data Sekunder diperoleh dari arsip sekolah. Analisis statistik Bivariat menggunakan Uji Chi- Square dengan tingkat kepercayaan 95% (0.05). Hasil ada sebanyak 89 siswa (82,4%)  mempunyai prestasi belajar baik, 99 siswa (91,7%) mempunyai kebiasaan sarapan pagi, 100 siswa (92,6%) mempunyai kebiasaan jajan dan 40 siswa (37%) mempunyai status gizi kurus. Analisis Bivariat diketahui ada hubungan kebiasaan sarapan pagi (p value = 0,000), kebiasaan jajan (p value 0,031) dan status gizi  (p value 0,019) dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Banjarbaru. Disarankan agar SMPN 6 Kota Banjarbaru mempertahankan dan memantau prestasi belajar yang sudah baik. Melakukan pemeriksaan status gizi dan mengadakan kantin sekolah yang memenuhi standar gizi siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syah, Muhibbin (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi Revisi) Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhardjo (1986). Pangan, Gizi dan Pertanian. Penerbit UI. Jakarta

Notoatmodjo, S (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta

Notoatmodjo, S (2018). Metodologi Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta

Wiharyanti, R (2006). Anak Yang Sarapan Daya Ingatnya Lebih Baik. Jakarta : ECG.

Safriana. 2012. Perilaku Memilih Jajanan Pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar tahun 2012. Skripsi . Jakarta : Universitas Indonesia.

Faizah ,Siti Noor (2012), Hubungan Antara Kebiasan Sarapan Pagi dan Kebiasaan Jajan dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar2 di SDN Banyuanyar III Surakarta. , Surakarta.

Sa’adah, Rosita Hayatus., Herman, Rahmatina B., dan Sastri, Susila., 2014. Jurnal Kesehatan Andalas. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Vol. 3, No.3.[Online].http://jurnal.fk.unand.ac.id/ index.php/jka/article/view/176.

Muhilal, Damayanti, Didit. 2006. Gizi Seimbang untuk Anak Usia SD. PT. Primamedia Pustaka, Jakarta.

Rahman, Taufik (2020) , Hubungan Kebiasaan Sarapan, Kebiasaan Jajan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Anak SDN Alalak Padang Tahun 2020 .




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i1.11046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.