Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Terharap Loyalitas : Analisis Di Sebuah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Agus Dwi Sugiharto(1*), Syamsu Hidayat(2), Rosyidah Rosyidah(3)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Sari


Kesehatan merupakan kebutuhan setiap manusia. Oleh karena itu, asuransi kesehatan JKN sangat penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang diantaranya berada di salah satu apotik yang berada di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terharap loyalitas pasien di Dokter Praktek Perorangan (DPP) sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui pengisian kuesioner semua pasien rawat jalan yang berkunjung ke dokter praktik perorangan (DPP) Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Apotik Sita. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis Partial Least Square (PLS) menunjukkan Kepuasan Pasien tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pengguna Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2). Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pengguna Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 3). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pengguna Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).  

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Hasan. Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Pakaian Anak-anak Studi Kasus Toko Rizky dan Afdal Pariaman. Indones Indovisi Inst. 2018;1(Iii):83–104.

Widodo MR. View of Kepuasan dan Loyalitas Pasien terhadap Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer: Sebuah Tinjauan Literatur.

Ayu A, Pertiwi N. ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT JALAN RSUD KOTA SURAKARTA. J Manaj Dayasaing [Internet]. 2017 Jul 13 [cited 2023 Mar 8];18(2):113–21. Available from: https://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/4508

Permenkes No. 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional [JDIH BPK RI] [Internet]. [cited 2023 Mar 8]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/129904/permenkes-no-71-tahun-2013

Memon AH, Rahman IA, Chang-Jian W, Chiang YH. SEM-PLS Analysis of Inhibiting Factors of Cost Performance for Large Construction Projects in Malaysia: Perspective of Clients and Consultants. 2014 [cited 2023 Mar 9]; Available from: http://dx.doi.org/10.1155/2014/165158

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2015. 506 p.

Philip Kotler ‎Kevin LK. Marketing Management. Germany: Pearson Education; 2012. 800 p.

J. Supranto. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.

philip kotler. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Prenhalindo; 2014.

Putra DP. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Online. J Ilm Mhs FEB [Internet]. 2016 Apr 11 [cited 2023 Mar 9];4(2). Available from: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2636

Bintari WP, Udayana I, Maharani BD. Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). J Perspekt. 2022;20(1):68–75.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2016 [Internet]. Profil Kesehatan Provinsi Bali. 2016. 1–220 p. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf

Syur’an NO, Ma’ruf. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Sebagai Mediasi : Studi Kasus Terhadap Pengguna BPJS Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan RS UNAND. Seiko J Manag Bus. 2020;3(3):353–63.

Endang E, Tiyas S. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Poli Gigi RS. Sentosa Siloam Bekasi. J Appl Manag Res [Internet]. 2022 Jul 30 [cited 2023 Mar 9];2(1):21–9. Available from: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/jamr/article/view/375

Henry Simamora. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Star Gate Publisher; 2012.

Griffin. Customer Loyalti. Jakarta: Erlangga; 2005.

Integrasi Kesehatan J, Romadhona N, Kesumah N. Kualitas Pelayanan Berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit. J Integr Kesehat dan Sains [Internet]. 2019 Jul 31 [cited 2023 Mar 9];1(2):114–20. Available from: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/jiks/article/view/4621




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.10455

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.