PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN KEBERADABAN BANGSA

Alfian Mauricefle(1*)

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini akan mengarahkan pada sasaran pendidikan karakter di sekolah. Sasaran pendidikan karakter adalah seluruh sekolah di Indonesia terutama pada tingkat SMP negeri maupun swasta, karena di masa SMP peserta didik belum terlalu melawan kepada guru, seperti anak SMA, dan anak SMP tidak terlalu kecil untuk mendapatkan materi pendidikan karakter, seperti anak SD. Semua warga sekolah, meliputi para peserta didik, guru, karyawan administrasi, dan pimpinan sekolah menjadi sasaran program ini. Sekolah-sekolah yang selama ini telah berhasil melaksanakan pendidikan karakter dengan baik dijadikan sebagai best practices, yang menjadi contoh untuk disebarluaskan ke sekolah-sekolah lainnya.

This research will lead to the target of character education in schools. The target of character education is all schools in Indonesia, especially at the public and private junior high school level, because in junior high school students are not too resistant to teachers, such as high school students, and junior high school children are not too young to get character education materials, such as elementary school children. All school residents, including students, teachers, administrative staff, and school leaders are the targets of this program. Schools that have been successful in carrying out character education well are used as best practices, which serve as examples to be disseminated to other schools.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina AG, 2009. Bangkit Dengan 7 Budi Utama. Jakarta: Arga Publishing

Budimansyah, 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Angkasa Press

Dharma Kusuma. dkk, 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimen- sional. Jakarta: Bumi Aksara

Megawati Ratna, 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BPMIGAS

Nurla Isna Aunillah, 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana

Novan Ardy Wiyani, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Nunung Nursyamsiah. Rencana Disertasi Pengembangan dan Pembudayaan Nilai Berorientasi Konsep Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) melalui Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah. Prodi Pendidikan Umum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia 2008, 5-6

Rohinah M. Noor. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. (Yogyakarta: PEDAGOGIA (PT. Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI) Cetakan Pertama, Januari )

Rohinah M. Noor. 2012. The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Cetakan Pertama, Januari, (Insan Madani, Jalan Kenanga, Mangunharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282). 59-60

Rukiyati, Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 2, Juni 2013, 197

Soedarsono, 2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v3i2.6011

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International