MENANAMKAN NILAI KARAKTER DAN NILAI MORAL MELALUI PENDIDIKAN YANG MEMBUDAYAKAN

nurmiati nurmiati(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan tulisan ini memberikan pemahaman tentang pentingnya penanaman karakter agar memahami bahwa karakter adalah identitas yang harus selalu dijaga dan dikembangkan sesuai dengan akar budaya dan tata nilai serta norma yang bertujuan menjaga generasi penerus bangsa. Kolaborasi berbagai pihak dalam menanamkan nilai moral dan karakter melalui peran keluarga, sekolah dan masyarakat sangat penting sehingga proses belajar akan dapat membawa pada perubahan kearah yang lebih baik dalam mengembangkan potensi generasi muda kedepan.  

The purpose of this paper is to provide an understanding of the importance of character planting in order to understand that character is an identity that must be maintained and developed in accordance with cultural roots and values and norms aimed at safeguarding the next generation. Collaboration of various parties in instilling moral and character values through the role of family, school and society is very important so that the learning process will be able to bring changes to a better direction in developing the potential of the young generation in the future.


Teks Lengkap:

50-59 PDF

Referensi


Zakiyah & Rusdiana (2014) Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung Pustaka Setia

Sulistyowati, endah (2012) Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta Cipta Aji Parama

Sebur, Alek (2009) Psikologi Umum, Bandung Pustaka setia

Najib (2014) Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung Pustaka Setia

Maksum (2016) Sosiologi Pendidikan, Malang Madani

Adisusilo, Sutarjo (2011) Pembelajaran Nilai-Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif, Yogyakarta Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v1i1.1733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International