Pengaruh Metode Latihan Side Step Terhadap Kelincahan Tendangan Sabit Pada Atlet Perguruan Silat Nasional Perisai Putih Tahun 2020

Rizka Adeyansyah(1*), Bachtiar Bachtiar(2), Muhammad Saleh(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author

Sari


Di perguruan pencak silat perisai putih memiliki atlet yang kurang licah dalam hal menendang dalam pertandingan, hal ini di temukan setelah peneliti mengobservasi pada saat simulasi pertandingan pada saat latihan dan saat dilakukan pretest untuk kelincahan tendangan sabit. Peneliti memberikan program latihan side step yang di modifikasi dan di rancang untuk meningkatkan kelincahan tendangan sabit. Pelaksanaan model latihan Side step ini dilaksanakan di padepokan Perguruan silat nasional perisai putih. Maka dari itu salah satu teknik diperlukan untuk memenangkan pertandingan. Kelincahan menendang merupakan teknik untuk mendapatkan point dan memenangkan pertandingan. Dengan menendang dengan lincah dan tidak mudah di tangkap dan ditepis oleh lawan maka atlet akan menang dengan perolehan point tinggi.

Hasil pengamatan dan evaluasi penelitian dilihat dari pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-10 dalam pelaksanaan sampel selalu memperhatikan arahan dari peneliti, di mulai dari penjelasan program latihan, gerakan yang benar dan hal teknis lainnya yang dilakukan agar penelitian ini berjalan dengan baik, sehingga sampel memahami prosedur yang diberikan. Hasil dari treetment yang di berikan peneliti terhadap atlet setelah dilakuakan nya postest atlet mengalami peningkatan. Tetapi peningkatan nya tidak terlalu signifikan, hal ini bisa didasari oleh terbatasnya waktu treetment atau pun ada pengaruh dari luar yang dapat meningkatkan kelincahan atlet tersebut. Karena peneliti tidak mengontrol secara penuh atlet karena atlet bisa saja melakukan latihan sendiri atau pun olahraga yang dapat meningkatkan kelincahannya.

 


Kata Kunci


Side Step Exercise, Agility, Sickle Kick, Pencak Silat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmad, I. (2015). Efek Latihan Berbeban Terhadap Fungsi Kerja Otot. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 1(2), 80–102.

Alkharizmi, H. (2019). Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Dengan Keterampilan Teknik Dasar Pencak Silat Pada Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat SMP Se Kecamatan Gugub Kabupaten Grobogan.

Amrullah, R. (2015). Pengaruh Latihan Training Resistense Xander Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 88–100.

Arimbi, M. D. (2018). Perbandingan Efektivitas Boomerang Run Exercise dan Zig Zag Run Exercise Terhadap Kelincahan pada Pemain Futsal Fikes Umm.

Daryanto, Z. P., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola. Pendidikan Olahraga, 4(2), 201–212.

Hardiansyah, S. (2016). Konstribusi Daya Tahan Kekuatan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Depan Atlet Pencak Silat Unit Kegiatan Olahraga UNP. Menssana, 1(2).

Hudriah, E. (2018). Pengaruh Latihan Kondisi Fisik Terhadap Kelincahan (Agility) Olahraga Permainan Di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Sulawesi Selatan 2018.

Ishak, M. (2012). Konstribusi Daya Ledak Lengan, Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kelincahan Kaki Terhadap Pukulan Smash pada Permainan Bulutangkis pada Siswa SMA Negeri 2 Bantaeng. (2), 88–97.

Kamarudin. (2014). Pengaruh Metode Berbeban Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit pada Atlet Pencak Silat Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Riau. Primary, 3(2).

Langga, Z. A., & Supriyadi. (2016). Pengaruh Model Latihan Menggunakan Metode Praktik Distribusi Terhadap Keterampilan Dribble Anggota Ekstrakurikuler Bola Basket SMPN 18 Malang. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1).

Marlianto, F., Yarmani, Sutisyana, A., & Defliyanto. (2018). Analisis Tendangan Sabit Pada Perguruan Pencak Silat Tapak Suci. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2).

Muslihin. (2020). Pengaruh latihan Ladder Drills dan Zig Zag Run Terhadap Kelincahan Tendangan Sabit Kanan Kiri Pesilat Putra Perguruan Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Caringin Sukabumi.

Nursamedy, A. (2019). Pengaruh Metode Latihan Kelincahan dan Kelentukan Otot Tungkai Terhadap Hasil Tendangan Mawashi-geri Jodan pada Club Karate Bukit Sejahtera Palembang.

Putro, W. S. (2012). Perbedaan Pengaruh Efektifitas Latihan Zig-zag dan Shuttle Run Terhadap Kelincahan SSB Pesat Indonesia.

Saputro, D. P., & Siswantoyo, S. (2018). Penyusunan Norma Tes Fisik Pencak Silat Remaja Kategori Tanding. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 1–10.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiwoho, H. A., Junaidi, S., & Sugiarto. (2014). Profil Kondisi Fisik Siswa Ekstrakulikuler Bola Basket Putra SMA N 02 Ungaran. Journal of Sport Sciences and Fitness, 3(1), 44–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.