Pandangan Filsafat Terhadap Ilmu Keolahragaan pada Pendidikan Zaman Now

Elsa Ariestika(1*), I Putu Agus Dharma Hita(2), Septadi Hanif Pambayu(3)

(1) Pascasarjana Ilmu Keolahragaan - Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Pascasarjana Ilmu Keolahragaan - Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Pascasarjana Ilmu Keolahragaan - Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Filsafat Ilmu Olahraga merupakan dasar dan nilai yang sifatnya adalah harus sedangkan praktik pendidikan berusaha mengimplementasikan dasar-dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep dasar filsafat ilmu olahraga pada pendidikan saat ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literature. Data yang dikumpulkan menggunakan studi daftar pustaka yang berasal dari penelitian-penelitian sebelumnya, buku, dan juga kumpulan artikel yang bersumber dari jurnal ilmiah. Hasil penelitian studi literature ini menunjukkan bahwa banyak manfaat mengenai pertimbangan berdasarakan landasan dan teori-teori yang telah dikemukakan bahwa asas belajar dalam melalui pandangan filsafat ilmu olahraga untuk pendidikan zaman now. Maka secara alamiah, manusia memiliki sifat sosial dan mau bekerjasama. Sejalan dengan itu, kegiatan belajar harus menekankan kerjasama serta meminimalkan daya saing demi masa depan. Sehingga setiap manusia dapat mewujudkan diri untuk tidak meninggalkan landasan teori yang telah diterapkan pada filsafat Ilmu Olahraga, maka seorang individu secara intrinsik memiliki persaingan dari dalam diri dalam arti harus melawan diri sendiri, serta memiliki motivasi untuk perkembangan-perkembangan pendidikan di masa yang akan datang.


Kata Kunci


Filsafat; Ilmu Olahraga; Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barnadib, I. (2012). Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode (Vol. 01). Andi Offset.

Dwi, S. (2018). Arti Pendidikan dan Batas-batas Pendidikan. UNY Press.

Gazalba, S. (2018). Sistematika Filsafat. Bulan Bintang. https://doi.org/10.1186/s12966-014-0086-z

Gutek, & Gerald. (2012). Philosophical and ideological perspectives on education. Prentice Hall Inc.

Haag. (2012). Comparative Sport Pedagogy – Comparative Education: A Basic Interrelationship Within Educational Sciences. In Comparative Physical Education and Sport (Vol. 3). Human Kinetics Publishers, Inc.

Hendriani, Nuryani, & Ibrahim. (2018). Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 55(5), 503–510. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/10811/pdf

John, & Brubacher. (2018). Frontiers of Educational Philosophy. The Educational Forum, 12(1), 53–66. https://doi.org/10.1080/00131724709340255.

Louis, K. (2013). Pengantar Filsafat. Tiara Wacana.Penerjemah: Soejono Soemargono. https://doi.org/10.1002/ajhb.22403

Morrison, K. (2018). Educational Philosophy and Theory. Journal Education, 40(1), 65–73.

Mustansyir, Rizal, & Munir, M. (2011). Filsafat Ilmu. Pustaka Pelajar.

Sorell, T. (2017). Experimental Philosophy and the history of philosophy,. British Journal for the History of Philosophy. https://doi.org/10.1080/09608788.2017.1320971

Supeno. (2012). Filsafat. Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7384

Suriasumantri, & Jujun. (2011). Ilmu Dalam Perspektif (Vol. 9, Issue Suppl 1). Gramedia.

Tilaar. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Grasindo.

Wilcock. (2015). Development of a personal, professional and educational occupational philosophy: an Australian perspective. Occupational Therapy International, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.1002/oti.108




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3682

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.