Survei Tingkat Kecemasan (Anxiety) Siswa dalam Menghadapi Pertandingan Sepakbola Di SMP Negeri Se-Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin

Arif Riyanto(1*), Endie Riyoko(2)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan (anxiety) siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola di SMP Negeri se-kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri se-kecamatan Lalan tahun 2019/2020 yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel di ambil sama dengan jumlah populasi. Data diperoleh dengan instrument angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh rata-rata state anxiety dalam menghadapi pertandingan sepakbola sebesar 50,0% dikategorikan sangat rendah, rata-rata trait anxiety siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola sebesar 53,6% dikategorikan sangat rendah, sedangkan perbandingan rata-rata tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola tertinggi pada SMP Negeri 1 Lalan sebesar 54,75% termasuk rendah, selanjutnya pada SMP Negeri 2 Lalan sebesar  50,59% dikategorikan rendah, dan terakhir pada SMP Negeri 3 Lalan sebesar 49,06% dikategorikan sangat rendah.


Kata Kunci


olahraga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mylsidayu, Apta. 2015. Psikologi Olahraga. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, Abd. dkk. 2011. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Muha Medika.

Asri, N. (2018). Tendangan Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra Kelas Viii Smp Negeri 1 Indralaya Selatan. Riyadhoh Pendidikan Olahraga, 1(1), 16–20.

Ghani, M. Al. (2018). Pengaruh Resistance Band Exercise Dan Power Tungkai Terhadap Hasil Tendangan Lambung Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Ssb Sriwijaya Asah Soccer ( Sas ) U-15 Palembang. Riyadhoh Pendidikan Olahraga, 1, 1–6.

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. Palembang: CV. Bening Media Publishing.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama Dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91-95.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung.

Sukirno. 2016. Psikologi Olahraga dan Kepelatihan: Panduan Praktis Pelatih Profesional. Palembang: Unsri Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.