PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DIKALANGAN PELAJAR

Tresia Monica Tinambunan(1*)

(1) Universitas Kristen Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Pembelajaran dengan media teks atau konvensional membuat pelajar kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar. Sehingga sekarang ini para pelajar memanfaatkan aplikasi Youtube sebagai penopang dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam manfaat dari media Youtube bagi para pelajar dan penggunaan media sosial Youtube sebagai tempat untuk membagikan materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mencakup penelitian jenis kepustakaan. Data yang digunakan dalam pentingnya penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelajar yang memanfaatkan Youtube sebagai media komunikasi massa sangat mempermudah dalam mencari informasi atau pengetahuan yang diperlukan dan pelajar lebih mudah memahami materi yang terdapat dalam video dibanding materi yang disampaikan secara langsung oleh guru atau dosen baik secara daring ataupun tatap muka karena video yang ada pada aplikasi Youtube bisa diputar ulang kapan saja untuk mempelajari kembali bahan ajaran yang disampaikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Afiah, Nurul. 2021. “Efektivitas YouTube Sebagai Media Penyebarluasan Informasi Dan Berita (Studi Pada Makassar.Tv).” Ilmu Komunikasi FS UMI 23–41.

Baihaqi, Achmad, Amaliya Mufarroha, and A. Ilham Tsabit Imani. 2020. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 07(01):74–88.

Dahono, Y. (2021, Februari). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved from beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Indarsih, Mike, and Dian Pangestu. 2021. “Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika.” Jurnal AKRAB JUARA 6(3):43–52.

Jati, Dionisius Heckie Puspoko. 2022. “PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA.” Jurnal Mitra Pendidikan 6(2):117–26.

Liberty Jemadu, D. P. (2022, Februari). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Retrieved from suara.com: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022?page=1

Mu’minah, I. H. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Daring IPA Pada Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021 1197–1211.

Mujianto, Haryadi. 2019. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian 5(1):135–59.

Pambudi, Rakhmat Dwi. 2021. “EQUILIBRIA PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi.” Equilibria Pendidilan 6(2):57–64.

Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. 2019. “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.” Journal of Civic Education 2(4):313–23. doi: 10.24036/jce.v2i4.135.

Setiyana, Fira, and Anggun Kusuma. 2021. “Potensi Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan, Matematika, Dan Sains 6(1):71–90.

Silvia Septhiani, Anik Pujiati. 2022. “PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM BELAJAR KIMIA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 8(1):105–10.

Surandika, Agus; Andi Ahmad Gunandi; Sastra Aditya Jaya. 2020. “Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah.” Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ 161–71.

Suwarno, Muji. 2017. “Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika.” Pi: Mathematics Education Journal 1(1):1–7. doi: 10.21067/pmej.v1i1.1989.

Suwarto, Suwarto, Ahmad Muzaki, and Muhtarom Muhtarom. 2021. “Pemanfaatan Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 1 Tawangsari.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 15(1):26–30. doi: 10.26877/mpp.v15i1.7531.

Syaipudin, Latif. 2020. “Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung).” Kalijaga: Jurnal of Communication 2(1):14–34.

Tutiasri, Ririn Puspita, Niko Kurniawan Laminto, and Karim Nazri. 2020. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM) vol.2, No.(26556–6125):1–15.

Widyantara, I. M. .., and I. .. Rasna. 2020. “Penggunaan Media Youtube Sebelum Dan Saat Pandemi COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA PESERTA DIDIK.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9(2):113–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i1.6756

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.