LITERASI DIGITAL DAN PENGETAHUAN KOMUNIKASI INFORMASI DIGITAL PADA MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA BANJARMASIN (Studi Pada Masyarakat Pinggiran Kota Banjarmasin)

Sarwani Sarwani(1*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Kota Banjarmasin merupakan pusat Kota Kalimantan Selatan yang dari berbagai kegiatan literasi digital yang pernah dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan sejak tahun 2012 khususnya menyusur pada pelajar, guru, dan masyarakat. Karakteristik wilayah atau ciri-ciri wilayah suburban ini merupakan percampuran desa dan kota. Pada penelitian ini persepsi masyarakat pinggiran yang dimaksud adalah pandangan/penilaian dari para orang tua yang tinggal dikawasan pinggiran Kota Banjarmasin tentang pentingnya mengakses internet dan penggunaan media sosial secara sehat dan tepat, dan orang tua berlaku sebagai pengawas atau kontrol bagi anak-anaknya ketika mengakses informasi maupun konten-konten dari internet. Fokus pada penelitian ini adalah pandangan dari orang tua yang bermukim di kawasan pinggiran Kota Banjarmasin yang memiliki anak mulai usia 0 hingga 17 tahun tentang pentingnya literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan dengan metode sosialisasi umumnya hanya terbatas pada pemahaman bahwa literasi digital hanyalah berupa kemampuan untuk mengakses informasi melalui internet dan tidak banyak yang mengetahui dan memahami dampak negatif dari mengakses internet tanpa filter diri khususnya bagi anak-anak serta pentingnya pengawasan dari orang tua. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat pinggiran tentang literasi digital dilihat dari indikator kognitif dengan persentase sebesar 51,7%. Pada indikator afeksi dengan persentase sebesar 32,2%, dan indikator konasi dengan persentase sebesar 16,1%, sehingga secara keseluruhan persepsi masyarakat pinggiran Kota Banjarmasin terbesar hanya masih dalam tataran pada aspek kognitif awal dengan penilaian kategori sedang. Berangkat dari hal diatas kiranya perlu mengetahui secara lebih lanjut pandangan masyarakat khususnya para orang tua mengenai literasi digital yang ada dibenak masyarakat ditinjau dari aspek kognisi, afeksi dan konasi melalui pengawasan dari Dinas Komunikasi Informasi dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Kata Kunci: Literasi Digital; Internet; Masyarakat Pinggiran; Komunikasi Informasi; Kota Banjarmasin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendy , Onong Uchjana . (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim., Idi Subandy, Akhmad (2014) Komunikasi dan Komodifikasi : Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ihalau.J, Prasetijo, R (2005) Perilaku Konsumen, Yogyakarta :Andi Offset.

Mulyana, Deddy.( 2000 ) Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. (2004) Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdaskarya

Robbins, Stephen. (2001). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Indeks Gramedi

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi.Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, Nogi Hessel. (2005) . Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana

Thoha, Miftah. (2007). Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : CV Rajawali.

Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial : Suatu Pengantar. Yogyakarta: CV.Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i2.5992

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.