EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VIRTUAL PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin)

Shen Shadiqien

Sari


Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh karena pandemi wabah COVID-19 dan pembelakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Kota Banjarmasin mengakibatkan salah satu institusi yaitu institusi pendidikan mewajibkan pelaksanaan kegiatan kerja dan pembelajaran secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet bagi guru dan siswa peserta pembelajaran. Penggunaan instrumen aplikasi video teleconference dalam pembelajaran dianggap lebih mendekati mewakili proses interaksi pembelajaran secara persuasif oleh pengajar terhadap peserta didiknya dengan komunikasi virtual melalui fasilitas teknologi internet dengan video teleconference. Namun salah satu ciri dari pembelajaran jarak jauh adalah terpisahnya antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan waktu sehingga membutuhkan perencanaan yang sistematis dan terdiri dari persiapan, dan presentasi bahan ajar, pengawasan dan dukungan pembelajaran siswa, yang dicapai dengan menjembatani jarak fisik antara siswa dan guru melalui media teknis yang tepat. Fakta di lapangan pembelajaran daring secara video teleconference sering tidak terpenuhi sesuai jumlah rombongan belajar dalam satu kelas, sehingga masalah tersebut menjadi kendala dalam melakukan penilaian secara menyeluruh oleh guru terhadap siswa dalam satu rombongan belajar. Meninjau permasalahan tersebut, perlu untuk mengetahui dampak komunikasi virtual dalam pembelajaran daring, menelusuri kendala dan permasalahan secara teknis yang dilaksanakan menggunakan teknologi komunikasi virtual jarak jauh secara realtime atau non-realtime serta mengidentifikasi pola-pola pembelajaran yang sesuai dan tepat sesuai kondisi siswa

 

Kata kunci : Pembelajaran Daring;Komunikasi Virtual.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Nasrullah Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit: Grasindo

Nurudin. 2017. Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Astim, Riyanto. 2003. Proses Belajar Mengajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Yapemdo.

Valentina, Elvi, & Wulan Purnama Sari. 2018. Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Jurnal Koneksi, 2(2), 300-306

R. Fathurrohman, A. Halim, K. Imawan. 2017. Pengaruh Komunikasi Virtual terhadap Komunikasi Interpersonal di Kalangan Game Online di Aranet Plumbon, Jurnal Signal Unswagati Cirebon.

Caroline Vinci Wijaya, Sinta Paramita. 2019. Konunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends), Koneksi EISSN 2598-0785 Vol. 3, No. 1.

Mada Sutapa. Membangun Komunikasi Efektif di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 02/Th II/Oktober/2006.

Tutut Handayani. 2011. Membangun Komunikasi efektif untuk Meningkatkan Kualitas dalam Proses Belajar Mengajar. TA’DIB, Vol. XVI, No. 02.

Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta : Deepublish Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i1.3573

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.