KOMUNIKASI DAKWAH DIGITAL: MENYAMPAIKAN KONTEN ISLAMI LEWAT MEDIA SOSIAL LINE (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN LINE 3SAFA)

Muhammad Helmy(1*), Risa Dwi Ayuni(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini membahas tentang komunikasi dakwah digital dan cara penyampaian konten Islami lewat media sosial Line pada akun dakwah bernama 3SAFA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penyusunan konten Islami oleh kreator atau admin 3SAFA? 2) Apa keuntungan komunikasi dakwah lewat media digital? 3) Bagaimana respon pengikut 3SAFA terhadap komunikasi dakwah digital? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penyusunan konten Islami oleh kreator atau admin 3SAFA? 2) Untuk mengetahui apa keuntungan komunikasi dakwah lewat media digital? 3) Untuk mengetahui bagaimana respon pengikut 3SAFA terhadap komunikasi dakwah digital? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Banjarbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrument pengumpulann data yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu pendiri serta admin akun dakwah 3SAFA. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penyampaian konten Islami lewat media sosial Line pada akun dakwah 3SAFA berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan 1) Penyusunan konten 3SAFA dilakukan oleh admin yang sudah terjadwal setiap bulannya. 2) pengguna Line dapat mengakses akun dakwah 3SAFA secara bebas tanpa batasan waktu dan tempat. 3) Respon pengikut terhadap komunikasi dakwah digital adalah baik dan menerima dakwah yang disampaikan akun dakwah 3SAFA, bisa dilihat dari jumlah pengikut 3SAFA yang sudah mencapai 9000 lebih.

 

Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Konten Islami, Media Sosial, Line


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jurnal

Maghfiroh, Eva. 2016. Komunikasi Dakwah; Dakwah Interaktif Melalui Media Komunikasi. Dakwatuna. Volume 2, Nomor 1, Pebruari 2016

Markarma, Andi. 2014. Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif AlQuran. Hunafa. Vol. 11, No. 1, Juni 2014

Buku

Misbahuddin, Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara: h. 21

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Cet 19: Bandung: Alfabeta: h.209

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4; Jakarta: Rajawali Pers: h . 2-3

Ahmad bin Muhammad bin Ash-Shadiq An-Najaar. 2013 (1434 H). Al-Imaan Bimaa Ba’dal Maut. Hakim, MS, editor. Yogyakarta (ID): Muslim.or.id

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Cet.IX; Bandung: Alfabeta: h. 74

Saputra, Wahidin. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo

Skripsi

Rasdiana. 2016. Strategi Komunikasi Dakwah Di Radio Suara As’adiyah FM Sengkang (Telaah Format Siaran Program Religi Mimbar Agama Islam). Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. UIN Alauddin. Makassar

Jayanti. 2017. Pola Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SD Negeri 93 Parandenan Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Alauddin. Makassar

Setiawan, Tri Prahasto. 2017. Perjalanan Bisnis Dan Dakwah Kiai Haji Abdullah Gymnastiar (Tahun 1986-2008 M). Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Website

Tuasikal, Muhammad Abduh. 2012. Berdakwah Lewat Pesan Singkat. http://rumaysho.com/2054-berdakwah-lewat-pesan-singkat.html [29 April 2019]

Brilio.net. 2018. 10 Media sosial teraktif di Indonesia, mana yang sering kamu pakai. http://www.brilio.net/amp/wow/10-media-sosial-teraktif-di-indonesia-mana-yang-sering-kamu-pakai-180214v.html [3 Mei 201




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i1.3417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.