STRATEGI PROMOSI PADA PROGRAM PENERIMAAN MURID BARU (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promossi Humas PP Darul Hijrah Puteri)

Miftahu Rahmah(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Strategi promosi atau strategi pemasaran penting dalam mendorong suksesnya kegiatan pemasaran. Mengingat pentingnya strategi promosi dalam program penerimaan murid baru untuk tahun ajaran baru di PP Darul Hijrah Puteri, menarik peneliti untuk mengadakan penelitian dengan judul “Strategi Promosi pada Program Penerimaan Murid Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promosi Humas PP Darul Hijrah Puteri)”, memiliki rumusan masalah bagaimana strategi promosi, media dan seperti apa hasil dan evaluasi dari strategi promosi yang di terapkan oleh Humas PP Darul Hijrah Puteri untuk mempromosikan program penerimaan murid baru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, tempat diadakannya penelitian ini adalah PP Darul Hijrah Puteri yang terletak di desa Batung Cindai Alus Martapura, subjek penelitian dalam tulisan ini adalah Humas PP Darul Hijrah Puteri, yang menjadi objek penelitian adalah strategi promosi yang diterapkan oleh humas PP Darul Hijrah Puteri, teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara yang dilakukan dengan humas PP Darul Hijrah dan dokumentasi, proses pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang diterapkan sangat baik, media yang digunakan untuk promosi adalah media cetak (spanduk dan brosur) dan media sosial (instagram @darulhijrahputri dan facebook Ponpes Darul Hijrah Putri), hasil dan evaluasi dari strategi promosi yang telah dilakukan adalah tercapainya tujuan promosi yakni meningkatnya pendaftar dibandingkan tahun sebelumnya dan dengan adanya utusan-utusan untuk mempromosikan program penerimaan murid baru kedaerah-daerah tertentu, humas PP Darul Hijrah sangat terbantu dalam program promosi penerimaan murid baru tahun ini.

 

Kata Kunci: Strategi, promosi, program penerimaan murid baru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-11. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Heryati, Yeti. Muhsin, Mumuh. 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia

Isnaini, Santi. 2010. Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik Tahun 22, nomor 4: 324-332

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana

Morrisan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Grup

Profil Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Suryabrata, Sumadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zikmun, Babin. 2011. Riset Pemasaran. Edisi sepuluh. Jakarta: Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i1.3416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.