EFEKTIVITAS METODE ABA DAN PECS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA SISWA AUTIS DI KELAS 1 SDLB SUNGAI PARING

Sekar Purnama Sari(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode ABA dan PECS untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada siswa autis di kelas 1 SDLB Sungai Paring. Autis merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang kompleks dan bervariasi. Biasanya, gangguan perkembangan ini meliputi cara berkomunikasi, berinteraksi sosial, kemampuan berimajinasi, dan perilaku. Gangguan cara berkomunikasi dan berinteraksi sosial menjadi salah satu pencetus perilaku anak penderita autis berbeda dari perilaku normal. Anak autis kurang dalam merespon dari lingkungan sebagaimana mestinya dan memperlihatkan kurangnya kemampuan komunikasi dan sering merespon lingkungan dengan cara yang unik. Penelitian ini secara spesifik lebih diarahkan pada desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Maka dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan tentang komunikasi pendidikan terhadap siswa autis kelas 1 SDLB Sungai Paring menggunakan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dan Picture Exchange Communication System (PECS).

 

Kata Kunci : Komunikasi, Pendidikan, Autis, Metode ABA, PECS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Anggraini, 2016. Pendekatan Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Kemampuan Bicara dan Komunikasi Program Kebutuhan Khusus Pada Siswa Autis di SLB. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surabaya; Pendidikan Luar Biasa: Univeraitas Negeri Surabaya

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Betts, D dan Patrick Nancy J. 2008. Hints and Tips for Helping Children with Autism Spectrum. Australia.

Handojo, Y. 2009. Autisme: pada anak.. PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. Jakarta.

Jahja, S. 2016. Body Language For Bankers. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.

Jannah, M. 2016. Pengaruh Metode Applied Behavior Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya.

Kurniawati, N.K. 2014. Komunikasi antarpribadi,konsep dan teori dasar. Graham ilmu. Yogyakarta.

Mulyadi, K, dkk. 2016. Autism Is Curable. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.

Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pristi, Wikan. 2015. Efektivitas Metode Pecs (Picture Exchange Communication System) Fase I-Iv Terhadap Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Autis Kelas 1 SDLB Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta.

Riyanti. (2002). Program Komputer Dini Bagi Anak Autistik Dengan Media COMPIC. Skripsi S1 Pada Jurusan PLB UPI. Bandung.

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Lksbang Mediatama.

Sembiring, C.E. 2014. Komunikasi Antarpribadi Pada Anak Penderita Autisme. Jurnal Ilmiah. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sugiarto, S. dkk. (2004). Pengaruh Social Story Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial pada Anak Autis. Anima Indonesian Psychological Journal. Vol 19. No: 3. 250-270.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi dan Sunaryo. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Suwarno,Wiji. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Wood, J.T. 2013. Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian. Salemba Humanika. Jakarta Selatan.

Yuwono, J. 2009. Memahami Anak Autistik. CV Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v1i2.3413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.