PERAN PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Nadya Wahyuni(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan media sosial WhatsApp sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan karena media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar dalam proses belajar mengajar salah satunya di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu peranan WhatsApp dalam proses belajar mengajar, hambatan dalam penggunaan WhatsApp, dan faktor yang mendukung penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa di Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi dan Produksi Film. Melihat hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa WhatsApp memiliki fitur yang mendukung untuk menjadi media pendukung dalam proses belajar mengajar, WhatsApp juga membantu mempermudah pekerjaan guru yang tidak masuk kelas saat ada tugas luar atau rapat yang tidak bisa ditinggalkan, siswa yang tidak masuk juga bisa mengirim tugas lewat WhatsApp kepada guru yang bersangkutan. Hambatannya ialah tidak semua anak mempunyai handphone yang mendukung aplikasi WhatsApp, pembelajaran juga menjadi kurang efektif karena kurangnya penjelasan langsung, dan guru tidak bisa melihat keseriusan siswa dalam belajar. WhatsApp media yang bagus untuk dijadikan sebagai media pendukung dalam belajar, namun harus diimbangi dengan guru yang masuk ke dalam kelas untuk menjelaskan secara langsung.

Kata kunci  : WhatsApp, Proses Belajar Mengajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, A. 2017. Pengaruh Antara Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Enrekang dan MA Muhammadiyah Kalosi, Kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ahmadi, A. Uhbiyati, N. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

A.W. Widjaja. 2000. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara.

Basar, A. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Bendungan IV Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Febriani, H.P. 2013. Pemberian Motivasi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan di UPT Perpustakaan IAIN Surakarta. Tesis. Fakultas Ilmu Budaya IAIN Surakarta.

Ferlitasari, R. 2018. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Skripsi. Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hasanah, I. 2017. Pesan Dakwah di Media Sosial (Studi Kasus Analisis Pesan Dakwah di Grup WhatsApp Sahabat Taat). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

J.J. Hasibuan. Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Laily, F. 2014. Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di PAUD Az- Zahra Desa Semarum Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan llmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Mardhini, J. 2011. Makna Budaya The Telkom Way (TTW) 1335 Sebagai Pedoman Berperilaku Bagi Karyawan Divisi Customer Care PT. Telkom Kandatel Bandung Timur. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Mardianinta, W. 2016. Perilaku Prososial Pada Scooterist Vespa Ekstrim di Semarang. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Muhammad, A.A. 2013. Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud Untuk Memiliki Sertifikat Atas Hak Ulayat : Studi Kasus di Kampung Adat Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta : Simbiosa Rekatama Media.

Ningrum, A.O.C. 2015. Analisis Pengamen Jalanan di Kota Surakarta (Studi Kasus Pengamen Jalanan di Kota Surakarta). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Nurjalia. 2018. Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAR-RANIRY. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Darussalam-Banda Aceh.

Oksowela, T.2012. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Tata Kota Bandar Lampung. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Pangestika, N.L. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prastya, A.K. 2012. Proses Pembelajaran Musik Bagi Kelompok Band Just 4_U di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, A.E.R. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana dalam Membangun Kesadaran Bersedekah (Studi Deskriptif Organisasi Sedekah Rombongan). Skripsi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Rahman, J. 2017. Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa.

Rarasari, A.A. 2012. Peningkatan Kompetensi Komunikasi Wireless Melalui Penggunaan Bluetooth Berbasis Arduino Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Hamong Putera II Pakem. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasyidah, D.S. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-Jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Seta, A.K. 1987. Konservasi Sumberdaya Tanah dan Air. Jakarta : Kalam Mulia.

Setyawati, I. 2015. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Suparno, S. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Trisnani. 2017. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 6. 3. 12.

Uno, H.B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Wigianti, E. 2017. Jilbab di Kalangan Jurnalis Muslimah Kota Semarang (Studi Fenomenologi Tentang Motif dan Proses). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press dan Center of Learning Innovation (CLI).

Muhsin. 2010. Metode Pengembangan Fitrah Santri Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah Buduran Arosbaya Bangkalan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v1i2.3411

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.