TREN UMPAN KLIK DI MEDIA DARING: KESELARASAN ANTARA JUDUL DAN ISI BERITA

Sandi Sandi(1*), Risa Dwi Ayuni(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keselarasan antara judul dan isi berita pada media online, apakah umpan klik menyalahi aturan jurnalistik, serta apa dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras, dan batasan penggunaan umpan klik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara kepada narasumber. Analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan klik tidak menyalahi aturan jurnalistik dalam penulisan berita. Dampak yang ditimbulkan dari umpan klik yang tidak selaras merugikan pembaca dan media online yang bersangkutan. Judul merupakan intisari sebuah informasi sebagai batasan penggunaan umpan klik.

Kata kunci : Umpan Klik, Dampak, Batasan Umpan Klik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Rakhmat, Jalaluddin. (2003). Psikologi

Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin, M.Si. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ardianto, Elvinaro, Dkk (2007). Komunikasi

Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sumadiria, Haris. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli, Suhaemi. (2009). Bahasa

Jurnalistik. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN

Syarif Hidayatullah.

Asep Syamsul M. Romli (2012). Jurnalistik

Online: Panduan Mengelola Media Online.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Assegaf, Dja‟far Husin. (1983). Jurnalitik Masa Kini, Pengantar ke Praktek Kewartawanan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Paul De Maeseneer. (1982) Here‟s The News: A Radio News Manual. Asia Pasifik Institute for Broadcasting Development 1982. Versi Digital 2009.

Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, J. Lexi. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Dor, D. (2003). On Newspaper Headlines as Relevance Optimizers.

Frampton, B (2015). Clickbait: The Changing Face of Online Journalism.

Haque Zarin (October 1, 2017). The Art of Clickbait.

Reed John (2016). 6 Types of Clickbait.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v1i2.3409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.