PERANAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK “LOTOTO” PT. GLOBAL TRI SOLUSINDO

Alifia Ramadhani(1*), Ade Irfan Abdurahman S.Kom.I.,M.Si(2), Aulian Khairani S.I.Kom.,M.Si(3)

(1) Universitas Islam Syekh-Yusuf
(2) Universitas Islam Syekh-Yusuf
(3) Universitas Islam Syekh-Yusuf
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lototo dalam membangun kesadaran merek dengan meninjau peranan teori komunikasi pemasaran terpadu. Diantara kompetitor lainnya, lototo merupakan merek baru yang menjual produk safety lockout tagout, untuk membangun kesadaran merek diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan memadukan unsur dari komunikasi pemasaran terpadu Kotler dan Amstrong (2001:600). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan sejumlah informan internal lototo, dan informan eksternal yang merupakan konsumen lototo. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan lototo menggunakan unsur komunikasi pemasaran terpadu diantaranya periklanan, sales, promosi penjualan, pemasaran interaktif, dan pemasaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan lototo berhasil mengimplementasi peranan teori komunikasi pemasaran terpadu dengan baik yang memadukan unsur komunikasi pemasaran Kotler dan Amstrong (2001:600) dalam membangun kesadaran merek.

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu; Unsur Komunikasi Pemasaran; Kesadaran Merek.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Bambang D Prasetyo, et al. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualiatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

JURNAL

Aldrich Novrian, & Rizki, M. F. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium, 9(1), 81–91.

Belinda, A., & Loisa, R. (2019). Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Partipost). Prologia, 3(1), 9.

Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Kawa Daun Tanah Datar dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Audiens, 2(1). Https://Doi.Org/10.18196/Jas.V2i1.9836

Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Prologia, 4(1), 147. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V4i1.6456

Noti, F. B., Widodo, H. P., & Setiamandani, E. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea dalam Meningkatkan Brand Awareness. Komunikasi Nusantara, 3(1), 33–43.

WEBSITE

Ketenagakerjaan, K. (2020, JUNI 8). Pengertian K3. Diambil kembali dari KEMENTRIAN KETENAGAKERJAAN REPUBLIK INDONESIA: https://temank3.id/

Lototo.ID. (2020). Halaman Utama. Diambil kembali dari Lototo.ID: http://www.globaltri.id/lototo.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i2.13743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.