PENERAPAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMBANGUN ONLINE REPUTATION LEMBAGA PPPA DAARUL QUR’AN

jamiati KN(1*), Said Hamzali(2), Syifa Astasia Utari(3), Oktaviana Purnamasari(4)

(1) Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(2) Manajemen, PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues
(3) Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(4) Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Pesatnya perkembangan teknologi berimbas pada peralihan tren pemasaran di dunia, dari pemasaran konvensional (offline) beralih ke digital marketing (online). Online marketing merupakan strategi pemasaran yang lebih prospektif karena calon pelanggan potensial mulai mengenal produk/jasa bahkan menentukan reputasi dari sebuah perusahaan/organisasi. Keadaan ini tentu saja memerlukan kegiatan komunikasi yang baik, dan terarah untuk meningkatkan repurasi baik internal maupun eksternal. Metode dalam peneliitan ini adalah kualitatif, dengan tipe deskripsi, peneliti bertindak selaku fasilitator, Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka antara peneliti dengan responden. Teknik Analisa data dalam penelitian ini yaitu menguji kebenaran dan kejujuran subjek penelitian dalam mengungkapkan realitas. Dengan cara menguji credibility Selanjutnya peneliti melakukan triangulasi, hasil dari wawancara kemudian dianalisis dan diinterpretasikan menggunakan kategori-kategori analisis yang telah ditentukan. Penerapan Social Media Marketing adalah strategi yang kuat untuk membangun dan mengelola reputasi online yang positif, dalam menerapkan menggunakan unsur social community, social publishing, social entertaiment dan social commerce. Konsep reputation online dimulai dari Jejak digital, perubahan konteks, dan citra profesi dapat membantu membangun serta menjaga reputasi yang kuat. komunikasi online responsif terhadap perubahan lingkungan digital dan tren industri. Social Media Marketing dapat membangun, memelihara, dan meningkatkan reputasi online, Membangun reputasi online yang kuat melibatkan pemahaman yang mendalam tentang jejak digital, perubahan konteks, dan citra profesi. faktor ini saling terkait karna berdampak pada bagaimana individu atau organisasi dilihat dalam lingkungan digital. Aktivitas di media sosial, seperti posting, komentar, memengaruhi pandangan orang terhadap reputasi sebuah lembaga atau perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Benson, V., & Filippaios, F. (2010). Effects of Digital Footprint on Career Management : Evidence from Social Media in Business Education Effects of Digital Footprint on Career Management : December 2013. https://doi.org/10.1007/978-3- 642-16318-0

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business and Management Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Curty, R. G., & Zhang, P. (2011). Social commerce: Looking back and forward. Proceedings of the ASIST Annual Meeting, 48(1),

Gray, Noah & Fox, Michael. (2018). Social Media Marketing: Step by Step Instruction For Advertising Your Business on Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, and Various Other Platforms. 2nd Edition. San Benardino : Pluto King Publishing.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGrawHill Companies

Hapsawati Taan, Djoko Lesmana, Herlina Rasjid, Indriyani. Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Jurnal SEIKO: Journal of Management & Business Vol : 4 No : 1 Th : 2021

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of business research, 69(12), 5833-5841.

Hegde & Shainesh, 2018. Social Media Marketing: Emerging Concepts and Applications, Palgrave Macmillan

Jamiati, K. N., Murdiana, V. A., Annisa, K., Amalia, A., & Hidayat, A. (2022, November). Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1)

Keller Kelvin Lane (2013), Strategic Brand Management, International Edition, Edisi 2, USA : Pearson Education

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, Global Edition. England : Pearson Education Limited

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159.

Laure, T. (2013). How does a brand build loyalty and relationship with consumers online ? By. 1–14.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nasrullah, Rulli. (2018). Etnografi Virtual (Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasution, M. K., Hardi, M., & Syah, R. (2017). Mining of the social network extraction. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 801, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.

Sugiono, S. 2020, Konseptualisasi Reputasi Online: Sebuah Tinjauan Literatur Online Reputation Conceptualization: A Literature Review. Jurnal Media dan Komunikasi, Vol. 3 No. 1

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edisi 27. Bandung: Alfabeta.

Tafesse, Y. Z. (2012). The Role of Online Reputation Management in Strategic Business Decisions in Ericsson Acknowledgment. June, 92

Tracy Tuten Michael Solomon, 2014, Social Media Marketing, England: Pearson Education Limited.

Tuten, T. L. (2021). Social media marketing. Sage.

Yu, Z., & Lu, W. (2014). The research on the influence factors of online reputation from social network point. BioTechnology An Indian Journal, 9(10), 407–412.

Zhou, J., Amo, L., Ye, C., & Kai, S. (2018). Using reputation to predict online psychological counselor appointment: Evidence from a Chinese website. SIGMIS-CPR 2018 - Proceedings of the 2018 ACM SIGMIS Conference on Computers and People Research, 107–108.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i2.12821

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.