Impikasi Rebranding Campaign dalam Transformasi Manajemen Event Kompetisi

Abdul Kholik(1*), Asep Soegiarto(2), Qolbu Alsallam Khanafi(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Rebranding merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan oleh suatu perusahaan dengan tujuan mengembangkan identitas baru di benak masyarakat. Perusahaan Eduversal menerapkan rebranding pada salah satu event yang dimilikinya dengan memberikan sesuatu yang baru dengan menghadirkan kemasan yang berbeda dari sebelumnya. Event ini sebelumnya bernama International Eduversal Math Competition (I-EMC) kemudian diubah menjadi Komodo Math Festival. Namun, tindak rebranding tidak hanya berhenti pada perubahan nama saja. Terdapat manajemen event yang perlu diperhatikan setelah rebranding dilaksanakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip rebranding yang diterapkan, penggunaan media dan pemanfaatan multi-platform dalam peningkatan promosi, serta prinsip-prinsip visual rebranding dalam konten visual mengenai Komodo Math Festival. Metode yang digunakan yakni deskriptif dengan mengumpulkan data dari observasi langsung dan wawancara mendalam. Hasil Penelitian yang didapatkan bahwa prinsip penyelenggaraan event yang diterapkan yakni dengan menentukan tema dan target sasaran yang sesuai. Pemanfaatan media yang digunakan adalah dengan pendekatan secara intens kepada khalayak melalui multi-platform seperti landing page di website, reels di instagram, tutorial di youtube, dan paid ads di facebook. Prinsip desain yang diterapkan adalah dengan membangun visual story dengan penggambaran karakter maskot komodo untuk merepresentasikan brand event sekaligus konten yang informatif.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainurrofiqin, M. (2021). 99 Strategi Branding di Era 4.0. Anak Hebat Indonesia

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Yusfash Shobri Khusnul (2020) Analisis Manajemen Event “Charismatic Night Carnival” Madiun Sebagai Upaya Promosi Kota Karismatik. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Fortunisa, A. (2019). Program Rebranding Produk Lokal Unggulan yang Berorientasi Eksport di Indonesia sebagai Upaya Strategi Marketing pada Pasar Global. Indonesian Journal for Social Responsibility, 1(01), 41-59. https://doi.org/10.36782/ijsr.v1i01.9

Jhalugilang, P. (2018). Maskot Asian Games 2018 Sebagai Sebuah Brand Dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Memperkuat Brand. Jurnal Komunikologi. Vol 15, No 2, 103-109.

Krylova, T.V., Maltseva, S.M., Kraeva, I., & Shirokova, N.V. (2021). Competition As A Social Phenomenon.

Kurniawan, Ferdian & Sayatman, Sayatman. (2018). Perancangan Maskot untuk Memperkuat Identitas Visual Kota Kediri. Jurnal Sains dan Seni ITS. 7. 10.12962/j23373520.v7i1.29547.

Lamb, Hair and Mcdaniel. (2012). Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba.

Malyeyeva, O., Glushko, I., Artiukh, R., Plyasheshnik, A. (2020). Informational Support Of Event Manager In the Project Of Organization Of Sports Actions. SM3P, 2(0), 9-14. https://doi.org/10.20998/2413-3000.2020.2.2

Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Suloh: Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 4(1), 26–30.

Moekijat. (2000). Manajemen Pemasaran. Bandung : Mandar maju

Moleong, J. Lexi. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: destroying, transferring or creating brand equity? European Journal of Marketing, 40, 803-824.

Polit, D. & Beck, C. (2004). Nursing research: Principle and methods. (7th edition). Philadelphia: J.B. Lippincott Company.

Sudjana, H.D. (2000). Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Suryana, Y dan Priatna, T. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Tsabita.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i2.12317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.