Pumping Teacher dalam Tantangan Pendidikan Abad 21

Aslan Aslan(1*)

(1) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran pumping teacher dalam menangani pendidikan abad 21. Metode:  Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan cara menelusuri berbagai sumber referensi secara kritis untuk mendapatkan data yang utuh dan dapat dipercayai. Hasil: Guru bukan hanya mampu digugu dan ditiru, tetapi mampu memberikan motivasi kepada anak didiknya agar semangat dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus bisa menjadi pumping teacher dengan gaya belajar biofili. Dengan adanya semangat guru dalam mengajar, sehingga tertanam konsep dalam hati guru bahwa mengajar dari hati bukan mengejar materi. Sehingga dapat menciptakan anak didik yang beriman, berilmu, bertakwa dan berkarakter yang siap menghadapi tantangan pendidikan di abad 21 ini. 

English

Introduction: This article aims to examine how the role of pumping teacher in 21st century education. Method: This research uses literature review method by tracing various reference critically to get the valid and reliable data. Result:  The role of teachers is not enough to be person followed and imitated, but they have to give motivation to their students in order to spirit in learning. Therefore, the teacher should be able to be a pumping teacher with the learning style of biofili. With the spirit of teachers in teaching, so teachers do the concept that teaching from the heart and they are not pursuing the material. So that, they can drive students who are faithful, knowledgeable, cautious and character who is ready to face the challenges of education in the 21st century.


Keywords


Pumping Teacher; Pendidikan Abad 21

References


Ali, Muhammad. (2000). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo Offset.

Aqib, Zaenal. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Awwad, Jaudah Muhammad. (1995). Mendidik Anak Secara Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

B. Uno, Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan problema, solusi, dan reformasi di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrudin, Asep Umar. (2009). Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: DIVA Press.

Latuconsina, Hudaya. (2014). Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: PT Gramdia Pustaka Utama.

Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Pettit, Jethro. (2010). Learning to do Action Research for Social Change,” International Journal of Communication, Vol. 4.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ramli, Amir Tengku, Erlin Trisyulianti. (2006). Pumping Student: Memompa Prestasi Menjadi Sang Bintang. Kawan Pustaka.

Said Iderus, dkk. (2016). Peranan Ulama Banjar Abad Ke-20 dalam Tradisi Penulisan hadis Arba’in di Banjar dan Malaysia,” Al-Banjari Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman,” Vol. 15, no. 2, (2016).

Spreenger, Marilee. (2011). Cara Mengajar Agar Siswa Tepat Ingat. Jakarta: Erlangga.

Suryaningih, Arifah, dkk. (2015). Guru Sahabat Anak: Inspirasi Guru Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Pustaka Nun.

Tabrani, A. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoifuri. (2002). Menjadi Guru Inspirator. Jakarta: RaSAIL.

Tirtonegoro, Sutrinah. (1989). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yamin, Martinis. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aslan Aslan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.