GAMIFIKASI BAHASA: MEDIA LITERASI UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH DI MASA PANDEMI
(1) Universitas Tidar
(2) Universitas Tidar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IVA SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: Pilar Nusantara.
Anafiah, S. (2018). Permainan Bahasa sebagai Media Literasi Siswa Kelas Rendah SD Kota Yogyakarta. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 29-39. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2190
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. 9th ed. New York: McGraw-Hill.
Arochman, T. (2018). The Effectiveness of Using Collaborative Writing Method and Metacognitive Writing Method in Enhancing Students’ Writing in Secondary School Education. The Journal of Social Sciences Research, SPI 2, 49-55. DOI: https://doi.org/10.32861/jssr.spi2.49.55
Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baharudin, Fiteriani, I., Sukasih, S., & Sari, C. wulan. (2022). Implementasi model media crossword puzzle bergambar Suatu alternatif media pembelajaran selama pandemic Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 1-20. DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5291
Barton, D. (1995). Literacy: An Introduction to the Ecology of Written Language. Oxford: Blackwell.
Bennet, N. (2005). Mengajar Lewat Permainan: Pemikiran Para Guru dan Praktik di kelas. Jakarta: Grasindo.
Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067-2077. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951
Dewi, N. S. N., Supriyono, Y., & Saputra, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Berbasis Gamifikasi untuk Guru-Guru di Lingkungan Pondok Pesantren Al Amin Sindangkasih-Ciamis. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 382-387. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5146
Djuanda, D. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang komunikatif dan menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gafur, A. (2001). Resensi Buku Instructional Media and Technologies for Learning (Fifth Edition). Cakrawala Pendidikan, 2(2), 236-239. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9340
Jarob, Y., Sujaini, H., & Safriadi, N. (2016). Uji Akurasi Penerjemahan Bahasa Indonesia – Dayak Taman Dengan Penandaan Kata Dasar Dan Imbuhan. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2(2), 78-83. DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v2i2.16520
Kemdikbud, P. (2021). Literasi Bukan Hanya Baca dan Tulis. DOI: https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-bukan-hanya-baca-dan-tulis
Listiana, H. (2018). Penerapan Model “Baca, Tulis, dan Bagi” Dalam Penguatan Literasi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Pamekasan. Elementary: Islamic Teacher Journal, 6(1), 143-169. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4220
Mandira, S., Sujaini, H., & Putra, A. B. (2016). Perbaikan Probabilitas Lexical Model Untuk Meningkatkan Akurasi Mesin Penerjemah Statistik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2(1), 9-13. DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v2i1.13393
Munandar, S. C. U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pangestu, R., Netriwati, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Peluang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45-56. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.848
Pardede, Y. K., Yuhana, Y., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1664-1671. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8353
Rahardja, U., Aini, Q., Hayat, A., & Santoso, N. P. L. (2019). Penerapan Gamifikasi pada Penilaian Absensi untuk Meningkatkan Motivasi Bimbingan. Edutech, 18(1), 382-387. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14671
Rahmani, E. F. (2020). The Benefits of Gamification in the English Learning Context. Indonesian Journal of English Education, 7(1), 32-47. DOI: https://doi.org/10.15408/ijee.v7i1.17054
Rahmawati, F. E., & Junining, E. (2018). Revitalizing a Traditional Game “Dakon” to Teach English for Young Learners. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(1), 58-80. DOI: https://doi.org/10.31002/metathesis.v2i1.616
Ramadhini, S., Barsihanor, B., Arifin, M. F., & Hafiz, A. (2020). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61-71. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3599
Rokhim, D. A., Tyas, F. K., Rahayu, S., & Habiddin, H. (2022). Perspektif Siswa dan Guru dalam Pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) pada Mata Pelajaran Kimia. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 46-52. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v5i12022p46
Safrianty, N., Kaswari, & Syamsiati. (2013). Implementasi permainan bahasa untuk meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman di kelas IV A sekolah dasar negeri 03 pontianak selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 2(1), 1-17. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.504
Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090-2096. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
Syamsi, A., M.S., Z., & Yufiarti, Y. (2020). Improving Students’ Scientific Literacy through the Cycle-based Learning Model. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 7(1), 133-141. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.16941
Unesco. (2003). Prague Declaration: Towards an Information Literate Society. Prague: United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.
Wijaya, A. S. D., Suhardi, S., & Mustadi, A. (2019). Aksesibilitas Kemampuan Literasi Media Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7787
Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 303-311. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775
Yopa, Y., Juwita, I., Zananti, S., & Putra, Y. Y. (2022). Pengembangan Permainan Sembilun Sebagai Media Pembelajaran Literasi Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 132-143. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4355
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.7678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Taufik Arochman, Muhammad Daniel Fahmi Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.