Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam

Raudlatul Jannah

Abstract


Bahasa Indonesia:

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar tematik tematik bernuansa Islami dan meneliti keefektifan, keefesienan dan kemenarikan buku ajar yang dikembangkan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain Dick and Lou Carey. Hasil:   Buku ajar yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi dengan ditunjukkan oleh peningkatan hasil post tes sebesar 17,65% di banding  hasil pre test. yaitu dari 69,40% - 87,05%. Penggunaan buku ajar tematik terpadu kurang efisien pada siswa yang kurang lancar membaca. Buku ajar memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi. Kesimpulan: Buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu.

 English:

Introduction: This article aims to develop thematic texbook thematic texbook nuances of Islamic and evaluate the effectiveness, efficiency and attractiveness of the developed. Methods: This study used research and development method developed by Dick and Lou Carey. Results: Textbook developed has a high degree of effectiveness demonstrated by increasing post-test results of 17.65% was compared to the pre-test results. that is from 69.40% - 87.05%. The use of integrated thematic texbook was less efficient on students who are not fluent in reading. Textbook have the attractiveness of the high level. Conclusion: Textbook developed have fulfilled elements of learning needs, especially on thematic learning with integrated thematic approach.


Keywords


Buku Ajar; Tematik; Islami; Madrasah Ibtidaiyah

References


Belawati, Tian. Pengembangan Bahan Ajar. 2003. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Handoko, Hani. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Monks, F. J. & A. M. P. Knoers (trj Siti Rahayu Haditono). 2004. Perkembangan Peserta Didik Pengantar dalam berbagai Bagiannya. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Munir, Abdul. dkk. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelemba-gaan Agama Islam.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 11 tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran Pasal 1.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Rusman. 2011. Model-model Pembelaja-ran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shaleh, Abdul Rachman. 2006. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa (Visi, Misi dan Aksi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Thobari dan Mustafa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widodo, Chomsin. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Alex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Raudlatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.