KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS NUMERASI SERTA BUDAYA DAN KEWARGAAN SISWA MI DI KOTA BANJARMASIN
(1) UIN Antasari Banjarmasin
(2) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Rineka Cipta.
Bozsik, V. (2015). Improving literacy skills across learning: CIDREE Yearbook 2015. HIERD.
Budhianto, Y. (2018). Pembelajaran Bahasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1550
Chiu, M.-S. (2018). Effects of Early Numeracy Activities on Mathematics Achievement and Affect: Parental Value and Child Gender Conditions and Socioeconomic Status Mediation. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/97191
Clements, D. H., & Sarama, J. (2011). Early Childhood Mathematics Intervention. Science, 333(6045), 968–970. https://doi.org/10.1126/science.1204537
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
DITPKLK | Menumbuhkembangkan Budaya Literasi | 2020. (n.d.). Retrieved October 4, 2022, from https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/menumbuhkembangkan-budaya-literasi
Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI Dengan Soal HOTS Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 0(0), Article 0.
Hadiyansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Meyda Noorthertya, N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Dukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Tim GLN Kemendikbud.
Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A targeted intervention for children who are low-attaining in mathematics. Research in Mathematics Education. https://doi.org/10.1080/14794802.2013.803779
Keefe, E., Copeland, S., Lane, L., & Kruger, A. (2015). Literacy strategies for all students: Accessing the general education curriculum. the Parent Education & Advocacy Leadership (PEAL) Center.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), Article 2. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Lidia, L. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Menggunakan Penilaian PISA Pada Siswa Kelas V Sdit Avicenna. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4746
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Musthafa, B. (2014). Literasi Dini dan Literasi Remaja: Teori, Konsep dan Praktik. CREST.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Patriana, W. D., Wulandari, M. D., & Sutama. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17906
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumartini, A. T. (n.d.). Literasi Budaya dan kewarganegaraan dalam pembelajaran. Gurusiana.Id. Retrieved August 29, 2022, from http://www.gurusiana.id/read/aitinsumartini/article/literasi-budaya-dan-kewarganegaraan-dalam-pembelajaran-3663561
Sumarwati -. (2013). Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/jip.v19i1.3752
Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24762
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Khairunnisa, Raihanatul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.