Kajian Buku Ajar sains Madrasah Ibtidaiyah dalam Perspektif Integrasi Sains dan Islam

Jumiati Jumiati(1*)

(1) Dosen Prodi Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin 70123, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:  Artikel ini  mendeskripsikan buku ajar sains kelas I dan IV semester 1 pada kurikulum 2013 untuk guru dan siswa yang berbasis integrasi sains dan Islam serta menjelaskan pola integrasi sains dan Islam dalam buku mata pelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi teks (library research) dan meanalisis dokumen terhadap buku ajar sains kelas I dan IVsemester 1 kurikulum 2013 untuk guru dan siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa isi buku mata pelajaran sains kelas I dan IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah berbasis integrasi sains dan Islam akan tetapi belum signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah teksnya yang masih sedikit dan isinya yang bersifat umum. Kesimpulan: Buku ajar sains di Madrasah Ibtidaiyah perlu dikembangkan dengan basis Islam.

 

English

Introduction: :  The purpose of this study are to analyzed curriculum 2013 sciences textbook in first semester of 1st grade and 4th grade at Islamic Elementary School which integrated to science and islamic and to described the pattern of integration of science and Islamic content in science textbooks at Islamic Elementary Schools. Method: Library research was used in this study. It analyzed curriculum 2013 sciences textbook in first semester of 1st grade and 4th grade at Islamic Elementary School which is used by students and teachers. Result: This research showed that the contents of science textbook in first semester of 1st grade and 4th grade at Islamic Elementary School is already integrated of  science and Islamic content but it is not significant caused it is just have a little of content and still have general content. Conclusion:  Sciences textbook at Islamic Elementary Schools need to develop based on Islamic content.

References


Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Press.

Chomaria, Nur. 2011. Panduan Terlengkap Pasca Melahirkan. Surakarta: Cinta.

Ibrahim, Lalu. 2010. Keajaiban Sains Islam: Mengungkap Kebenaran Isi Alquran dan Hadis dengan Logika dan Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Muhammad, Gunawan. dkk. 2013. Buku Tematik Terpadu 2013 kelas 1 dan 4 Semester 1 pegangan guru dan siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan tersebut antara lain; Peraturan Pemerintahan No. 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintahan No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahim, Husni. 2005. Arah Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Suprayogo, Imam. 2006. Paradigma Pengembangan Keilmuan Islam Perspektif UIN Malang. Malang: UIN-Malang Press.

Zainuddin, M. dkk. 2004. Memadu Sains dan Agama Menuju Universitas Islam Masa Depan. Malang: Bayumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jumiati Jumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.