MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR

Hamdan Husein Batubara, Dessy Noor Ariani

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran harus sesuai dengan komponen pembelajaran agar fungsinya optimal dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi, kriteria pemilihan dan prosedur pengembangan media pembelajaran adaptif. Tulisan ini merupakan hasil kajian pustaka dengan   cara menelusuri berbagai referensi untuk mendapatkan data yang valid dan dapat dipercaya. Hasil tulisan ini mengungkapkan bahwa urgensi media pembelajaran adaptif di Sekolah Dasar dapat ditinjau dari teori belajar, regulasi pendidikan, dan ajaran agama Islam. Kriteria media pembelajaran adaptif dapat diketahui dari tingkat kesesuaian antara komponen system pembelajaran dengan atribut media pembelajaran, seperti: tujuan pembelajaran, jenis materi, kondisi pengguna, dan lingkungan pembelajaran. Model pengembangan media pembelajaran adaptif dapat mengikuti beberapa model pengembangan sistem pembelajaran. Garis besar prosedurnya adalah: menganalisis kondisi dan kebutuhan komponen pembelajaran, menganalisis dan merumuskan rancangan media pembelajaran, merealisasikan rancangan media pembelajaran, dan melakukan evaluasi berkelanjutan dengan melibatkan pakar dan target pengguna untuk memberikan penilaian terhadap kualitas media pembelajaran.

Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, adaptif, Sekolah Dasar

Abstract: Instructional media as one component of the instructional system has to adaptive with the learning component so that its function is optimal in facilitating learning activities. This article aims to explain the urgency, selection criteria, and procedures for developing adaptive instructional media. This article uses the literature review method by tracing various reference sources critically to get complete and reliable data. The results of this paper explain that the urgency of adaptive instructional media in elementary schools can be viewed from the learning theory, educational regulation, and Islamic text. The criteria for adaptive instructional media can be known from the level of appropriateness between learning system components and instructional media attributes, such as instructional objectives, material types, user conditions, and learning environment. Models of adaptive learning media development can follow existing learning development models. The procedure outline is: analyzing the conditions and needs of the learning component, analyzing and formulating learning media designs, realizing learning media designs, and conducting ongoing evaluations by involving experts and target users to provide an assessment of the quality of instructional media.

Keywords: development model, instructional media, adaptive, elementary school

 


Keywords


model pengembangan, media pembelajaran, adaptif, Sekolah Dasar, development model, instructional media, adaptive, elementary school

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 300, 41.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). New York: Springer Science & Business Media.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (E. Edition, ed.). New York: Pearson.

Ditta, Z. M., Irawati, M. H., & Susilowati, S. (2019). Developing Manual Book of Household Wet Waste Composting Experiment by Using Decayed Pinneapple Essence Starter for Environment/Climate Changing and Waste Recycling Topic of X Graders Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 24(2), 79–84.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction, 7th Edition. New York: Pearson.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Haryadi, R., Vita, M., Utami, I. S., Ihsanudin, I., Setiani, Y., & Suherman, A. (2019). Briquettes production as teaching aids physics for improving science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32006. IOP Publishing.

Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

John, A. N., Barasa, P. L., & Omulando, C. (2017). The use of textbook illustrations in the teaching of reading comprehension: A study of secondary schools in Kathiani District-Kenya. International Journal of Research in Social Sciences, 7(8), 101–121.

Khon, A. M. (2014). Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Pangadongan, F. V. (2019). Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improvement). International Journal of Community Service Learning, 3(2), 56–62.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di Sdit Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal, 4(2).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. , Pub. L. No. Nomor 22 tahun 2016 (2016).

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah A. , (2007).

Moreira, I. X., Pereira, S., & Gusmão, H. F. (2018). The Influence of Concrete Instructional Media on Learning Achievement. ISCE : Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(1), 104–114.

Muhammad Yaumi. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Munir, A. (2008). Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al-Quran tentang Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.

Nata, A. (2009). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. Nomor 20 Tahun 2003 (2003).

Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. , Pub. L. No. 19 tahun 2005 (2005).

Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. , (2007).

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pusat Bahasa. (2009). Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia (1st ed.). Jakarta: Mizan Pustaka.

Rahmat, N. H. (2018). Educational Psychology: a Tool for Language Research. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(2), 655–668.

Rifai, M. H. (2017). Pemilihan Media Dalam Pembelajaran Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 125–136.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sahidin, L., Budiarto, M. T., & Fuad, Y. (2019). Developing Vignettes to Assess Mathematical Knowledge for Teaching based Conceptual. International Journal of Instruction, 12(3), 551–564.

Sani, R. A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputra, M., & Kuswanto, H. (2019). The Effectiveness of Physics Mobile Learning (PML) with HomboBatu Theme to Improve the Ability of Diagram Representation and Critical Thinking of Senior High School Students. International Journal of Instruction, 12(2), 471–490.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: an educational perspective 6th ed. In Terjemahan Hamdiah & Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Komnpetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 5.

Suyanto, M. (2005). MULTIMEDIA Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Tafsir Maudhu’i (Tafsir Al-Qur’an Tematik); Komunikasi dan Informasi. Jakarta: PT. Lentera Ilmu Makrifat.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47–66.

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains SD. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 112.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154–160.

Yusuf, K. M. (2013). Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan Al-Qur an tentang Pendidikan (A. Zirzis, ed.). Jakarta: Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamdan Husein Batubara, Dessy Noor Ariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.