PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH

Shindia Dendri Pratiwi, Aji Heru Muslim, Sri Harmianto

Abstract


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan melalui strategi berbagi pengetahuan secara aktif berbantu macromedia flash untuk siswa kelas V SD N kalikidang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan melalui strategi berbagi pengetahuan secara aktif berbantu macromedia flash menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa. Kedisiplinan pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 26,04 dan siklus II memperoleh rata-rata skor sebesar 40,52. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 65,24 dengan persentase sebesar 60% dan siklus II memperoleh skor rata-rata 89,2 dengan persentase sebesar 84%. Persentase kedisiplinan dan prestasi belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu dengan kriteria baik dan meningkat.

 

IMPROVEMENT OF DISCIPLINE AND STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH ACTIVE SHARING STRATEGIES ASISTED MACROMEDIA FLASH

 

Abstract: This Classroom Action Research aims to improve discipline and student learning achievement on the theme of 7 events in life through active knowledge sharing strategies assisted by macromedia flash for fifth grade students of SD N kalikidang. This study consists of two cycles and each cycle consists of two meetings, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The results of the research on the themes of 7 events in life through active knowledge sharing strategies helped by macromedia flash showed an increase in discipline and student achievement. Discipline in the first cycle obtained an average score of 26.04 and the second cycle obtained an average score of 40.52. Student achievement in the first cycle obtained an average score of 65.24 with a percentage of 60% and the second cycle obtained an average score of 89.2 with a percentage of 84%. The percentage of discipline and student achievement has reached a predetermined indicator of success, which is good and increasing criteria.


Keywords


Strategi berbagi pengetahuan secara aktif; Macromedia flash; Disiplin; Prestasi Belajar; Sekolah Dasar; Active sharing strategies; Macromedia flash; Discipline; Learning achievement; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12.

Depdiknas. (2000). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. (2006). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Vol 3 No 3 September (2016).

Kemmis, S dan R. McTaggart. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. (2010). Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silberman, M., L. (2006). Active Learning 101 Strategy Pembelajaran Aktif (terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Dari Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject(1996)). Bandung: Nusamedia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shindia Dendri Pratiwi, Aji Heru Muslim, Sri Harmianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.