OPTIMALISASI KREATIVITASOPTIMALISASI KREATIVITAS SISWA BERBASIS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR SISWA BERBASIS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Adawiah, R. (2019). Implementation of Adiwiyata program to build environmental awareness. Journal of Wetlands Environmental Management, 7(2), 106-114. http://dx.doi.org/10.20527/jwem.v6i2.196
Arifin, M. F. (2018). Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 78-86. DOI: 10.31602/muallimuna.v3i1.956
Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49(1), 51–56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230
Destiyanti, I. C., & Rosanti, A. (2021). Kontribusi Penghargaan Adiwiyata: Geografi Emosi Siswa di Sekolah Berbasis Lingkungan. Jurnal Fakultas Keguruan &Ilmu …, 2(3), 118–127.
(Eds.), Researching early childhood education for sustainability: Challenging assumptions and orthodoxies. London, Routledge
Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646
Given, K Barbara. (2014). Brain-Based Teaching: Merancang Kegiatan Belajar Mengajar yang Melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik, dan Reflektif. Bandung: Kaifa.
Grogan, L., & Hughes, F. (2020). Pedagogies for ECEfS in bush kinder contexts. In S. Elliott, E. Ärlemalm-Hagsér & J. Davis (Eds.), Researching early childhood education for sustainability: Challenging assumptions and orthodoxies. London, Routledge
Hasanah, N., & Suyadi, S. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 162-169. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3984
Hermawan, I., & Mahmudah, F. N. (2023). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9254
Hermawan, I., & Mahmudah, F. N. (2023). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1),34-44. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9254
Ismail, dan Ayu Candra Sari. 2017. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6): 285-291. DOI: 10.20414/BETAJTM.V10I1.102
Jumirah, J., Sari, P. A., Kusnadi, E., & Oktaviani, A. D. (2021). Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Pada Kegiatan Green-Chemistry Dalam Kondisi New Normal Pandemi Covid-19. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.33369/diksains.2.1.31-36
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). Capaian Kerja Pengelolaan Sampah. Diakses dari https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Maryani, I. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau Dari Aspek Kegiatan Partisipatif Di Sdn Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2723
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129. https//:%0Ahttps://journal.uii.ac.id
Nisa, S. A., & Muchtar, T. (2022). Peranan Tripusat Pendidikan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9615–9621. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3946
Nurdiati, D., & Pambudi, D. I. (2018). Implementasi Program Adiwiyata Di Sd Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 45. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.69
Oktradiksa, A.-, & Sari, K. P. (2017). Implementasi Multi-Directional Circle Model dalam Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Adiwiyata di Kabupaten Magelang. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 153. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1727
Putri, R. F., & Silalahi, A. D. (2018). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Estetika dan Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 233–236. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/download/86/80/
Qurrotaini, L., & Al Bahij, A. (2017). Partisipasi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Adiwiyata. Holistika, 1(1), 37–45. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.1.1.%25p
Rokhmah, U. N., & Munir, M. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Dalam Memebntuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63-77. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5314
Sari, A. P. (2021). Implementasi sekolah Adiwiyata di sd negeri serayu yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 7(2), 17-29. https://doi.org/10.250121/jpgsdi.v9i1
Speldewinde C, Campbell C. Bush Kinders: Building Young Children’s Relationships with the Environment. Australian Journal of Environmental Education. 2023:1- https://doi.org/15. doi:10.1017/aee.2023.36
Suryani, N., & Dafit, F. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50730
Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(09), 3384–3398.
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas program Adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan warga sekolah di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170-177.https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Utami, R. D., & Fitriyani, R. W. (2017). Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pembuatan Kerajinan Recycle. The 6th University Research Colloquium 2017, 193–198.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v9i2.13762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ummisyia - Shabira, Achmad Fathoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.