PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
(2) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Arifin, M. F. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Smartphone Android di Kelompok Kerja Guru Kelas Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72-84. DOI: https://doi.org/10.30739/loyal.v4i1.914
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21-33. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Gemar Membaca Peserta Didik melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92-106. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863
Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran (Gadget) untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana, 16(2), 1-11. DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v16i1.1279
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795
Hidayat, F., Hernisawati, H., & Maba, A. P. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kepribadian Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa ‘X.’ Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.226
Juhdi, & Adila, S. D. (2018). Profesi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Dididk di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 16-24. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043
July Trisnawati Hutabarat, Kristina Ompusunggu, Leni Elisa Silaban, Lasrin Aliando Padang, & Damayanti Nababan. (2022). Pengabdian Masyarakat Kepada Pemuda Awal Mengenai Dampak Gadget di Sekolah Menengah Kejuruan St.Nahanson Parapat Sipoholon. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 1(4), 14-25. DOI: https://doi.org/10.56444/perigel.v1i4.227
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78-84. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran 3(2), 107-114. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6665
Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-19. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.381
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Rachmawati, N. H. (2022). Pengaruh Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Warta Desa, 4(2), 79-85. DOI: https://doi.org/10.29303/jwd.v4i2.172
S. Permadi, A., Purtina, A., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16-21. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071
Silalahi, S. Y. (2022). Gadget dan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 335-346. DOI: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.219
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 125-139. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Suryani, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama dalam Menyusun Tes Belajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(4), 661-669. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7234
Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42-52. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017
Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Atas. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116-122. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616
Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 16-20. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.54
Yandi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Buhuts Al-AthfAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 269-281. DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4455
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.10126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sulistia Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.