PERENCANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, A. (2019). Disposisi Berpikir Terbuka secara Aktif: Definisi, Pengukuran, dan Kaitannya dengan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n1.p1-14
Aries, A. M. (2022). Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Market Day Di Sekolah Dasar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 68–81. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388
Armansyah, A., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1423–1430.
Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, B. S. K., dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from file:///D:/KURMER%202022/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78
Dahlan, F., Mahyuddin, R., & Muslim, M. (2022). The Role of Schools and Physical Education in Supporting Sports Achievement: Literature Review. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 6(1), 117–128. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v6i1.2058
Dewi, N. K. N. S., & Putri, N. K. H. R. (2022). Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), 130–134.
Dja’far, A., & Fauzi, M. (2019). Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Di Pondok Pesantren Putri Babul Khairat Kertosari Pasuruan: Pancawahana : Jurnal Studi Islam, 14(2), 123–134.
Dwipayana, I. K. A., Adnyana, I. M., & Antari, N. L. P. S. (2022). Etnopedagogis Dalam Pengajaran Sastra Sebagai Alternatif Penguatan Wawasan Kebhinekaan Global. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), 105–110.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70–80. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790–799.
Haryanto, H., & Siregar, N. N. (2022). Proses Berpikir Siswa Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Kelas IX Berdasarkan Polya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13772–13790. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4503
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141–148.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Irlana, A., Retnasih, E., & Faiz, A. (2021). Kolaborasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Uptd SDN 6 Margadadi | Prosiding FKIP UMC. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2244
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Kemendikbudristek, K. (2022). Perbandingan – Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. Retrieved December 21, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=3&kurikulum1=1&kurikulum2=4
Kiptiyah, M., Athena, T., Hafidz, M., M, I. L., Soleh, B., & Mutmainnah. (2020). Rusa (rumah Sayur) Sebagai Pembentukan Pemuda Berkarakter Gotong Royong Di Kecamatan Banyusokah Sampang. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 64–71. https://doi.org/10.31597/ja.v3i2.544
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2073
Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750
Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Hutagalung, F. (2021). Implementasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Sekolah Dasar Di Era New Normal. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 393–397. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.334
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Muhkam, M. F. (2022). Penumbuhan Karakter Gotong Royong Sebagai Ciri Utama Budaya Pancasilais (Studi Deskriptif Di SMA Negeri 3 Bandung). Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–60.
Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
Nursalam, N., & Suardi, S. (2022). Penguatan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Integratif Moral untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Program Kampus Mengajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(8), 335–342. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i8.15416
Pambudi, K. S., & Utami, D. S. (2020). Menegakkan Kembali Perilaku Gotong – Royong Sebagai Katarsis Jati Diri Bangsa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 12–17. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2735
Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937
Permana, B. I., & Mursidi, A. (2020). Peranan Tentang Nilai Gotong Royong Sebagai Bentuk Penerapan Sila Ke-Tiga Pancasila Di Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kab. Situbondo. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 13–20. https://doi.org/10.25273/citizenship.v8i1.5038
Permana, D. D., Legowo, E., Suwarno, P., Widodo, P., Saragih, H. R. J., & Aris, T. (2022). Globalisasi dan Lunturnya Budaya Gotong Royong Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5256–5261. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3155
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022a). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022b). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahayuningsih, Y. S., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626
Rahmayani, F. (2019). Hubungan Karakter Mandiri Siswa dalam Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 87–94. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 696–711. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.140
Sahnan, M. (2018). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142–159.
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182–6195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472
Semiawan, P. D. C. R. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.
Shoheh, M., & Ahmad, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks Fungsi, Tujuan Dan Manfaat Yang Dilakukan Oleh Pendidik (telaah Evaluasi Pembelajaran Dalam Mapel Pendidikan Agama Islam). Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 5(2), 25–33.
Sijabat, K., Putera, R. E., & Rahayu, W. K. (2021). Kapabilitas Pemerintah Kota Padang Dalam Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Cerdas Bencana. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 2(2), 130–139. https://doi.org/10.20527/jpp.v2i2.3144
Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363
Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed., Vol. 3). Bandung.
Sumarjo, S., Pratama, G., & Vermantyasto, T. (2020). Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di Smk N 1 Purworejo | Sumardjo | Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. Retrieved December 25, 2022, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpts/article/view/36345/14822
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori menuju Kesadaran Diri Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696
Wahyudin, A. dan. (n.d.). Kurikulum dalam tantangan perubahan. Bookies Indonesia.
Wally, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70–81. https://doi.org/10.3347/jsi.v2i1.2237
Wijayanti, P. S., Herawati, R., Sari, R. N., Warniasih, K., & Jamilah, F. (2022). Pemantapan Komite Pembelajaran Dalam Menghadapi Kenaikan Kelas Pada Fase D Di Sekolah Penggerak Smp N 4 Patuk. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 204–212. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.81
Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144.
Yunita Anggraeny, V., Alfiah Sulalatin, S., & Rahmantika Hadi, F. (2023). Pendidikan Pancasila Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Metode Project Based Learning (Pjbl) Dalam Aktivitas Siswa Di Sdn 1 Bedingin. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5701–5716. Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.8942
Zellatifanny, C., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Media Dan Komunikasi, 1, 83–90. Https://Doi.Org/10.17933/Diakom.V1i2.20
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ika Fitriyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.