PENGARUH KOMIK ONLINE BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK SOSIALISASI ANTI NARKOBA TERHADAP KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
(1) UIN SUSKA RIAU
(2) Universitas Terbuka
(3) UIN SUSKA RIAU
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aleixo, P. A., & Sumner, K. (2017). Memory for Biopsychology Material Presented in Comic Book Format. Journal of Graphic Novels and Comics, 8(1), 79-88. DOI: https://doi.org/10.1080/21504857.2016.1219957
Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Snitt Poltekba, 4(1), 370-380. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1045/649
Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99-111. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93-107. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Azemi, K., & Hidayat. (2023). Pengembangan Media Komik pada Tema Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V SD. JIP Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(10), 7815-7822. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v3i10.2508
Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75-87. DOI: https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07
Bossetta, M. (2018). The Digital Architectures of Social Media: Comparing Political Campaigning on Facebook, Twitter, Instagram, and Snapchat in the 2016 U.S. Election. Journalism and Mass Communication Quarterly, 95(2), 471-496. DOI: https://doi.org/10.1177/1077699018763307
Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research 3(9), 369-386.
Cahyani, V. R., Khakim, M. N. L., Zidah, A. A., Ibrahim, A. M. M., & Purwanto, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis E-Komik H-Class untuk Siswa Kelas X SMA Di Jawa Timur. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan, 8(1), 30-37. DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v8i1.40039
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 315-330. DOI: https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330
Damopolii, I., & Rahman, S. R. (2019). The Effect of STAD Learning Model and Science Comics on Cognitive Students Achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1-6. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022008
Fahrozy, F. P. N., Nurdin, A. A., & Hadiansyah, Y. (2022). Analisis Unsur Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Attadib : Journal of Elementary Education, 6(1), 38-54. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1004
Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tematik-Integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 196-204. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.24758
Graham, S. (2011). Comics in the Classroom: Something to Be Taken Seriously. Language Education in Asia, 2(1), 92-102. DOI: https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a07/graham
Guntur, M., Sahronih, S., & Isnuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik sebagai Media Belaajar Matematika di Sekolah Dasar. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1), 34-44. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Harahap, C., Setiono, A., & Lubis, D. I. D. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba dan Pencegahannya di Sekolah Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 60-63. DOI: https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.250
Haroky, F., Nikmah, S., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Android-Assisted Physics Comic Learning to Train Students’ Conceptual Understanding of Newton’s Gravity. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012045
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183-196 DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Kusuma Putra, G. L. A., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1
Maryani, Y. (2020). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas X SMKN 3 Bandung. Wistara, III(1), 45–49.
Ngussa, B. M., & Chiza, A. (2017). The Influence of Instructional Media Use on Pupils ’ Mastery of Reading and Writing in Kiswahili Language in Kinondoni District, Tanzania. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(8), 187–194. DOI: https://doi.org/10.15739
Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 60-68. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1379
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190-196. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Pernanda, D., Agni Zaus, M., Wulansari, R., & Islami, S. (2018). Effectiveness of Instructional Media Based on Interactive CD Learning on Basic Network at Vocational High School: Improving Student Cognitive Ability. International Conferences on Education,Social Sciences and Technology, 443-447. DOI: https://doi.org/10.29210/2018163
Phua, J., Jin, S. V., & Kim, J. (Jay). (2017). Gratifications of using Facebook, Twitter, Instagram, or Snapchat to follow brands: The moderating effect of social comparison, trust, tie strength, and network homophily on brand identification, brand engagement, brand commitment, and membership intentio. Telematics and Informatics, 34(1), 412-424. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.06.004
Pratiwi, D. K. P., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Kelas VIII. Pendidikan Sains, 6(2), 290-295. DOI: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24263
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90-107. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Rahmadika, D. N., & Pratiwinindya, R. A. (2023). Karya Gambar Komik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Semarang Selama Pembelajaran Daring. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 12(1), 1-8.
Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak Media Pembelajaran Kisah Keteladanan Terhadap Karakter Peduli Sosial dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153-163. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574
Rasiman, Rasiman, Agnita, & Pramasdyahsari, S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E- Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2(11), 535-544.
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan berbasis Nilai Karakter Religi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 09(02), 100–109. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213
Sanjaya, D., Tiorida, N., Fatimah, A., Anisya, D., Anggraini, F., Amisha, F., Alyleri, G., Agnes, G., Markeke, E. A., & Kurniawan, R. (2022). Sosialisasi Bahaya Penggunaan Napza di SMA Lancang Kuning Kelurahan Bumi Ayu, Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2626-2631. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7013
Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakterp pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 571-574. DOI: https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9
Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17-27. DOI: https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4
Susanto, A. A. V., & Aman, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105-111. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8011
Toh, T. L. (2009). Use of Cartoons and Comics to Teach Algebra in Mathematics Classrooms. Mathematics of Prime Importance: MAV Yearbook, 200, 230-239.
Tuhuteru, L., Supit, D., Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 05(03), 9768-9775.
Umainingsih, M. B., Alexon, & Kurniah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Memori untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Prestasi Belajar Matematika (Studi pada siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 87-97. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v7i2.3687
Utama, C., Widiyono, Y., & Anjarini, T. (2023). Media Komik Berbasis Literasi Sains Terintegrasi Karakter Islami untuk Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.202
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-152. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zhayoga, I., H., D. E., & Listyarini, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.24542
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.10118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rahmy Irman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.