ANALISIS METODE PENGGANTIAN STRUKTUR BAWAH DERMAGA LAUT (STUDI KASUS PONTON DOMESTIK TERMINAL PENUMPANG SELAT PANJANG)

Fatrio Berlinton Napitupulu(1*), Indrastuti Indrastuti(2), Amanatullah Savitri(3)

(1) Universitas Internasional Batam
(2) Universitas Internasional Batam
(3) Universitas Internasional Batam
(*) Corresponding Author

Sari


Runtuhnya tiang pancang dermaga tanjung harapan, selat panjang menyebabkan dihentikannya operasi dermaga. Tiang yang roboh juga menyebabkan rangka atap ponton rusak.Karena pentingnya pondasi tiang pancang, perlu mempelajari dan meneliti metode kerja pemasangan tiang pancang pada dermaga yang aman dan tepat. Pada kesempatan ini penulis bertujuan mengkaji lebih dalam salah satu tahapan dalam proses pembuatan pondasi yaitu metode kerja/pelaksanaan. Sehingga peneliti dapat menjelaskan langkah demi langkah tentang metode penggantian tiang pancang di dermaga pelabuhan Tanjung Harapan, Selat Panjang.Lokasi Penelitian yaitu Pelabuhan Tanjung Harapan, Selat Panjang, Riau, Indonesia. Data yang dikumpulkan dari proyek-proyek tersebut yaitu shop drawing,dokumen pengadaan, data pasang surut, dan hasil observasi langsung di lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa menggunakan analisa deskriptif yaitu analisa yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan dan dikaitkan dengan teori yang ada sebelumnya.. Hasil Analisis data merangkum rangkaian kerja yang dilakukan pada proyek ini yaitu Pekerjaan Tiang Baja, Pekerjaan Pelapisan Tiang, Pekerjaan Rubber Fender, Pekerjaan Proteksi Katodik dengan Anoda, dan Penutup Atap. Hasil kalendering pada saat pemancangan dihentikan saat penumbukan mencapai nilai 1/10  = 0,1  cm per pukulan yang menunjukan tiang sudah mencapai titik tanah keras. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan pengetahuan tentang metode pemasangan tiang pancang pipa baja pada dermaga dan dapat menjadi acuan pada perencanaan pelaksanaan proyek yang sama kedepannya.

Kata Kunci: Struktur Bawah, Pondasi, Ponton, Pipa Baja, Dermaga Apung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Soedjono, Kramadibrata. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Bandung : ITB.

Triatmodjo, Bambang. 2003. Pelabuhan. Beta Offset.

Triatmodjo, Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset. Triatmodjo, Bambang. 1999. Teknik Pantai." . Beta Offset.

Triatmodjo, Bambang. 2014. Perencanaan Bangunan Pantai. Beta Offset.

E. Burlacu and L. Domnisoru, “On a small size floating dock structural analysis in oblique design waves by 3D-FEM approach,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 591, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/591/1/012103.

C. P. dan F. Ashury, “Analisis kapasitas fender tipe v pada dermaga curah pelabuhan garongkong kabupaten barru,” SENSISTEKRISET SAINS DAN Teknol. Kelaut., vol. 3, no. November, pp. 151–158, 2020.

J. Kim, U. Kim, B. Min, H. Choi, and S. Park, “Development of Expanded Steel Pipe Pile to Enhance Bearing Capacity,” Sustain., vol. 14, no. 5, 2022, doi:10.3390/su14053077

J. D. M. Agitha P. Kurniawan M. Ihsan Jasin, “Analisis Data Pasang Surut di Pantai Sindulang Kota Manado,” J. Sipil Statik, vol. 7, no. 5, pp. 567–574, 2019.

S. Marudut, T. Debataraja, and D. P. Simanjorang, “ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DERMAGA MENGGUNAKAN DATA SPT PADA PEMBANGUNAN PELABUHAN BALOHAN KOTA SABANG SABANG, ACEH,” J. Ilm. Tek. SIPIL, vol. 10, pp. 8–18, 2021.

S. Soeryanto, A. A. Mashuri, and B. Samudra, “Proses Repairing Ponton di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya,” Otopro, vol. 12, no. 2, p. 50, 2019, doi:

26740/otopro.v12n2.p50-57.

D. A. N. Basah, “PENGARUH RASIO EPOXY RESIN TERHADAP HARDENER DENGAN FILLER NANO-CaCO 3 PADA KEKUATAN BENDING EPOXY AND KEKUATAN GESER SAMBUNGAN BAJA- BAJA SECARA PEREKATAN DALAM LINGKUNGAN KERING,” Din. Tek. Mesin, vol. Juli, pp. 1–12, 2020

D. Sumantri and P. T. Iswanto, “Desain Proteksi Katodik pada Struktur Baja di Laut dan di Darat untuk Masa Layan 10 Tahun,” J. Mech. Des. Test., vol. 2, no. 2, p. 77, 2020, doi: 10.22146/jmdt.55554

I. D. R. Situmeang, Komalasari, and Evelyn, “Proteksi Katodik Dengan Menggunakan Anoda Korban Pada Struktur Baja Karbon Untuk Mengendalikan Laju Korosi,” Jom Fteknik, vol. 6, no. 2, pp. 1–6, 2019.

S. Perkapalan, F. Teknik, and D. Ilmu, “PROTEKSI KATODIK MENGGUNAKAN ZINC ANODE UNTUK MENGHAMBAT KOROSI PADA LAMBUNG KAPAL PORT LINK VII JAKARTA,” Hexag. J. Tek. dan Sains, vol. 1, pp. 56–62, 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7607

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.