PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN LINTAS SELATAN TULUNGAGUNG – TRENGGALEK MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993

Aditya Dwi Nugroho(1*), Hani Teki Tjendani(2)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Kemacetan jalan iala masalah lalu lintas yang biasa dijumpai di Indonesia. Kemacetan jalan biasa diakibatkan banyaknya penumpukan kendaraan yang menyebabkan lalu lintas jaringan jalan menjadi macet. Keadaan kemacetan jalan tidak hanya terjadi pada pusat perkotaan namun juga terjadi pada daerah sekitarnya. Hal ini terjadi dikarenakan semakin banyaknya jumlah kendaraan pada setiap tahunnya sehingga kapasitas jalan tidak mampu untuk menampung volume kendaraan yang melintas. Pembangunan jalan baru merupakan suatu program yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya kemacetan pada suatu daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah. Pembangunan jalan harus memperhatikan berbagai faktor yang diantaranya tata ruang dan standar kenyamanan dan keselamatan untuk pengguna jalan. Pada pembangunan jalan juga diharuskan untuk memperhitungkan tiga faktor yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan adanya jalan yang bebas hambatan roda perekonomian akan semakin maju dan meningkatkan pendapatan perkapita. Jalan Lintas Selatan Tulungagung – Trenggalek sendiri merupakan salah satu ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Tulungagung dengan Kabupaten Trenggalek. Jalan ini diharapkan dapat membantu kelancaran arus lalu lintas dan dapat mempersingkat jarak tempuh dari Tulungagung – Trenggalek atau sebaliknya dan menjadi akses penghubung tempat wisata pantai di wilayah wilis khususnya yang ada di wilayah Tulungagung  dan  Trenggalek. Pada penelitian ini  menggunakan  Metode Bina Marga 2017 untuk merencanakan sruktur perkerasan. Dari perhitungan perencanaan didapatkan tebal perkerasan adalah 52,5 cm

 

Kata Kunci: AASHTO 1993, Kemacetan jalam, Pembangunan Jalan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisarida, A. A., Hafudiansyah, E., & Kurniawan, E. (2020). Perencanaan Tebal Perkerasan Ruas Jalan A Di Kabupaten Lebak. Jurnal Teknik Sipil Cendekia (JTSC), 1(1). https://doi.org/10.51988/vol1no1bulanjulitahun2020.v1i1.4

Arganata, W., Limantara, A. D., Cahyo, Y., & Candra, A. I. (2019). Analisis Perencanaan Overlay Pada Ruas Jalan Craken-Ngulungkulon Nambak-Ngulungkulon Dengan Bahan ACL Pada STA 0.00-13.345 Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 2(1). https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i1.404

Farida, I., & Noer Hakim, G. (2021). Ketebalan Perkerasan Lentur Dengan Metode AASHTO 1993 Dan Manual Perkerasan Jalan 2017. Jurnal Teknik Sipil Cendekia (JTSC), 2(1). https://doi.org/10.51988/vol1no1bulanjulitahun2020.v2i1.30

Haris, A., & Aji, F. (2015). Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan Metode Bina Marga 2013 Studi Kasus: Jalan Nasional Losari - Cirebon. Jurnal Teknik Sipil ITB, 22(2), 147–164.

Hidayat, M. A., Abadi, T., & Manggala, A. S. (2020). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Kalibaru – Glenmore Kabupaten Banyuwangi ( Perbandingan Metode Bina Marga 1987 & 2013). Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 4(1). https://doi.org/10.32528/hgn.v4i1.3483

Jannah, R. M., Firmansyah, D., & Murtopo, A. (2020). Analisi Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Pada Ruas Jalan Magelang-Semarang. Reviews in Civil Engineering, 4(2). https://doi.org/10.31002/rice.v4i2.3099

Kholiq, A. (2014). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Antara Bina Marga DAN AASHTO’93 (Studi Kasus: Jalan Lingkar Utara Panyingkiran-Baribis Ajalengka). J-ENSITEC, 1(01). https://doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i01.15

Maryam, M., & Putra, K. H. (2020). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jalan Luar Lingkar Timur Surabaya). Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.31284/j.jtm.2020.v1i2.1113

Rifwan, F., Oktaviani, O., Sari, N. M., & Kurniati, Y. (2018). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Ruas Jalan Teluk Bayur-Kota Padang Sta 0+000-5+000. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(2). https://doi.org/10.30559/jpn.v3i2.103

Rochmanto, D., Safaah, A., Qomaruddin, M., & Hidayati, N. (2020). Studi Komparasi Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur Jalan Kembang – Tubanan Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah Teknosains, 5(2). https://doi.org/10.26877/jitek.v5i2.3565




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7606

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.