ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERSERTA PENANGANANNYA DAN RAB PADA JL. RAYA GRESIK - LAMONGAN, JAWA TIMUR

Andi Hendrawan(1*), Laily Endah Fatmawati(2), Nurani Hartatik(3), Siti Sekar Gondoarum(4), Syaiful Fajar(5)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(3) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(4) Balai Besar Peleksanaan Jalan Nasional Jawa – Bali
(5) Balai Besar Peleksanaan Jalan Nasional Jawa – Bali
(*) Corresponding Author

Sari


Jalan raya adalah prasarana transportasi yang meliputi seluruh bagian jalan, termasuk fasilitas penunjang dan kendaraan, yang terletak di atas tanah dan di bawah permukaan tanah. Kerusakan jalan pada perkerasan lunak sangat umum yang disebaban oleh banyak faktor. Dari beban kendaraan yang melebihi rencana dan daya dukung tanah. Dalam studi ini dilakukan di Jl. Raya Gresik – Lamongan panjang jalan 4 km dan lebar 7 m. Dalam menganalisa kerusakan jalan ini menggunakan metode PCI (Pavement Condtion Index) dengan maksud untuk mencari nilai kerusakan yang terjadi di Jl. Raya Gresik – Lamongan dan melakukan pemilihan aternatif penanganannya untuk memperbaiki kerusakan serta merencakan anggaran biaya untuk perbaikan. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata PCI 35,03 yang berkategorikan keadaan buruk dengan alternatif penaganan pemeliharaan rehabilitasi atau lapis tambahan (overlay) dan merencanakan anggaran biaya untuk perbaikan overlay yang memperoleh biaya sebesar Rp. 10.334.242.000,-.

 

Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Penanganan Jalan, PCI, RAB

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiaryana, P. (2021). Analisa Kerusakan dan Anggaran Perbaikan Jalan Menggunakan Meotde Pavement Condition Index (PCI)

Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Hardiyatmo, H. C. (2015). Pemeliharaan Jalan Raya Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 30 (2021). Tentang Jalan. Tentang Jalan: Departemen Pekerjaan Umum.

Metode Bina Marga Dan PCI (Pavement Condition Index)(Studi Kasus Jl. Joyo Agung, Jl.Joyosari, Jl. Joyo Utomo, Jl. Joyo Tambaksari, Kec. Merjosari, Kota Malang).

Tho"atin, U. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri.

Yunardhi, H. (2020). Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan).

Yopi, D. (2020). Analisa Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode IRI (International Roughness Indexs) Dan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Padang – Painan KM 50 + 200 – 55 + 200. Universitas Bung Hatta.

Yunardhi, H. (2020). Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7604

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.