EVALUASI SISTEM DRAINASE KAWASAN PERUMAHANKEPUH PERMAI Kec. WARU Kab. SIDOARJO

Ridwan Mustofa Fara(1*), Faradlillah Saves(2), Hudhiyantoro Hudhiyantoro(3)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(3) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Banjir adalah sebuah kejadian dimana saluran tidak dapat di tampung oleh saluran sehingga mengakibatkan genangan.Hal inin terjadi di perumahan Kepuh Permai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari debit banjir rencana ,debit banjir eksisting, dan  ukuran perencanaan ulang saluran dengan menggunakan data hujan maksimal 10 tahun terakhir dari 2011 hingga 2020.

 

Perhitungan yang digunakan dalam mencari curah hujan maksimal menggunakan metode aritmatika. Dalam perhitungan hidrologi dilakukan dengan perbandingan antara metode Gombel, metode Normal, metode Log Persen Type III dan di koreksi dengan metode Chi- Kuadrat. Berikutnya perhitungan koefisien aliran dengan mencari kemiringan saluran dilanjutkan dengan perhitungan intensitas hujan dilakukan dengan rumus Manonobe. Debit rencana disini di gunakan sebagai acuan mampunya saluran dapat menampung, dicari dengan menggunakan metode rasional. Setelah di ketahui debit rencana yakni perhitungan debit saluran eksisting mengguakan metode rasional, dalam hal ini di tunjukan bahwa kondisi saluran benar beermasalah dan tidak mampu menampung curah hujan maksimal dalam kala ulang 2 tahun, 5tahun, 10 tahun. Dalam hal ini maka dilakukan redesign dengan metode trian and eror hingga dinyatakan mampu dalam menampung debit hujan maksimal (banjir).

 

Kata kunci : Banjir, curah hujan, saluran 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bambang, 2014. Studi Kelayakan Proyek Pengendalian Banjir Pada DAS Kali Buntung Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Analisis Biaya Manfaat Dan Efisiensi Biaya: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dewa Hari Wicaksono, Ruslin Anwar, Suroso. 2012. EVALUASI DAN PERENCANAAN ULANG SALURAN DRAINASE PADA KAWASAN PERUMAHAN SAWOJAJAR KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG: Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Dimitri Fairizi, 2015. ANALISIS DAN EVALUASI SALURAN DRAINASE PADA KAWASAN PERUMNAS TALANG KELAPA DI SUBDAS LAMBIDARO KOTA PALEMBANG: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.

Ir. CD. Soemarto, B.I.E, Dipl.H 1999, Hodrologi Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.

Ir. M. Sjukrul Amien, MM, 2012. Tata Cara Penyusunan Rencana Induk Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta: KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA

Limpat Ovi Haryoko, 2013. EVALUASI DAN RENCANA PENGEMBANGAN SISTEM DRAINASE DI KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT, BANDAR LAMPUNG: FT Universitaas Malahayati Bandar Lampung.

Mursitaningsih, 2017. Analisis Kinerja Saluran Drainase di Daerah Tangkapan Air Hujan Sepanjang Kali Pepe Kota Surakarta: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Nining Irfan, 2007. Aplikasi Sinstem Informasi Geografis Untuk Perhitungan Koefisien Aliran Permukaan di Sub DAS Ngunut I, Jawa Tengah. Solo: Balai Penelitian Kehutanan.

Soewarno, 1995. Hidrologi Aplikasi Metode Statistik untuk Analisa Data. Bandung: NOVA.

Wahyu Indra Kusuma, 2016. PERENCANAAN SISTEM DRAINASE KAWASAN PERUMAHAN GREEN MANSION RESIDENCE SIDOARJO: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7602

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.