ANALISIS PENJADWALAN DAN ALOKASI BIAYA MENGGUNAKAN METODE LINE OF BALANCE PADA PROYEK JALAN DAN JEMBATAN FRONTAGE ROAD WARU-BUDURAN

Andhika Pratama Asdrawanda Putra(1*), Gede Sarya(2)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam pelaksanaannya, proyek jalan yang memiliki banyak pekerjaan bersifat berulang/repetitif, Kurva S sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan sumber daya yang terus menerus terjadwal tanpa adanya hambatan. Metode yang cocok untuk proses pekerjaan berulang adalah Line Of Balance, dimana Line Of Balance menunjukan proses durasi dan tingkat produksi dalam bentuk grafis yang mudah dipahami dengan mengetahui tingkat produktifitas dalam segi durasi dan progress kegiatan, dan dapat mendeteksi adanya proses pekerjaan yang saling bertabrakan dengan ditampilnya diagram batang yang saling berpotongan, membuat metode ini lebih cocok untuk pekerjaan berulang/repetitif agar tidak terjadi pemborosan sumber daya. Pada penelitian ini, dimana studi kasus berada pada proyek Pembangunan Jalan Dan Jembatan Frontage Road Waru-Buduran. Pemilihan proyek ini berdasarkan sifat pekerjaan proyek jalan yang berulang/repetitif dan penjadwalan dibuat dengan menggunakan metode Kurva S. Penjadwalan dengan menggunakan metode Line of Balance dapat dilihat, jika penggunaan sumber daya yang terus-menerus berkelanjutan, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya dengan total durasi waktu yang dibutuhkan menggunakan metode Line of Balance adalah 147 hari, dimana terdapat perbedaan 18 hari jika dibandingkan dengan penjadwalan existing dan total biaya yang diperlukan menggunakan metode Line of Balance mengalami peningkatan sebesar Rp. 925,441,760.66 dengan jumlah total sebesar Rp. 40,069,308,271.03.

 

Kata Kunci: Jalan Dan Jembatan, Diagram Linier, Line of Balance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, Prabowo. (2010). Eksplorasi Metode Bar Chart, CPM, PDM, PERT, Line Of Balance dan Time Chainage Diagram Dalam Penjadwalan Proyek Kontruksi. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang

Ervianto, I. Wulfram. (2006). Manajemen Proyek Kontruksi Edisi Revisi.

Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Hinze. (2008). Optimization with PDE Constrain. Hamburg University.

German Lumsden. (1968). The Line Of Balance Method. Pergamont Press. England Nugraheni. (2004). Analisis Penjadwalan Ulang Proyek Dengan Memanfaatkan Line of Balance Diagram, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Rani, Hafnidar A. (2016). Manajemen Proyek Kontruksi. Yogyakarta: Deepublish

Setianto, A. (2004). Studi Perbandingan Metode Bar Chart dengan Line of Balance (LoB) dalam Penjadwalan Kegiatan Pembangunan Perumahan. Tesis. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang

Siswanto, Agus B., M. Afif Salim. (2019). Manajemen Proyek. Semarang: Pilar Nusantara

Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional.

Penerbit Erlangga: Jakarta

Widiasanti, Irika., Lenggogeni. (2013). Manajemen Kontruksi. Bandung: Ros




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7568

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.