ANALISIS KERUSAKAN JALAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) JL. RAYA BYPASS PANDAAN, PANDAAN - MALANG, JAWA TIMURANALISIS KERUSAKAN JALAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) JL. RAYA BYPASS PANDAAN, PANDAAN - MALANG, JAWA TIMUR
(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author
Sari
Jalan raya bypass Pandaan yaitu penghubung jalan Pandaan – Malang merupakan poros lalu lintas utama yang biasa dilewati oleh kendaraan bermuatan lebih dan termasuk tipe jalan Nasional. Banyaknya kendaraan in membuat jalan menjadi semakin padat hingga membuat sebagian jalur disepanjang jalan mengalami kerusakan akibat dari beban roda kendaraan berat yang terjadi berulang ulang, air hujan dan bisa juga karena perencanaan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Kerusakan jalan ini berupa distorsi, retak dan cacat permukaan. Untuk itu diperlukan analisis faktor penyebab kerusakan jalan agar didapatkan sebuah solusi untuk kenyamanan pengguna jalan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan jalan yang terjadi, juga menganalisis kondisi perkerasan lentur dan tingkat kerusakan yang telah terjadi menggunakan metode PCI. Sehingga dapat diketahui solusi perbaikan kerusakan jalan bypass Pandaan. Berdasarkan hasil survei kerusakan yang terjadi dengan luasan total semua kerusakan yaitu 7221,29 m2 dengan persentase 100% dari hasil analisis menggunakan metode PCI didapatkan nilai rata – rata sebesar 45,96 dengan kategori sedang, dan kondisi perkerasan yang paling jelek dengan nilai PCI sebesar 4 yaitu kategori gagal.
Kata kunci: Kerusakan Jalan, PCI, Perkerasan LenturTeks Lengkap:
PDFReferensi
Alexander tuahta sihombing, Univ Asahan, 2021. (2021).
Alexander tuahta sihombing, Univ Asahan, 2021. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7.
Direktorat Jendral Bina Marga, K. U. (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997 Direktorat Jenderal Bina Marga. 038, 1–54.
Hardiyatmo, 2007. (n.d.). Hardiyatmo, 2007. Hardiyatmo,2007.
Herd, G. P., & Kriendler, John. (2013). Understanding NATO in the 21st century : alliance strategies, security and global governance. Routledge.
Lasarus, R., Lalamentik, L. G. J., & Waani, J. E. (2020). ANALISA KERUSAKAN JALAN DAN PENANGANANNYA DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (Studi Kasus: Ruas Jalan Kauditan (by pass)-Airmadidi ; STA 0+770-STA 3+770 ). Jurnal Sipil Statik, 8(4), 645–654.
Menteri Pekerjaan Umum. (2007). Pedoman teknis pembangunan gedung. Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No: 45/PRT/M/2007, 1, 1–14.
Mubarak, H. (2016). Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta. 11 + 150 s.d 12 + 150 Analysis Of Road Pavement Damage Method With Pavement Condition Index (Pci) Case Study: Jalan Soekarno Hatta Sta. 11 + 150 to 12 + 150 (Vol. 16, Issue 1).
Puguh Pramonono, UNTAG SBY, 2019. (2019). Puguh Pramonono,UNTAG SBY,2019. Riyos Bachtiar, Revianty Nurme liandari, UNIV BINA DARMA PALEMBANG, 2017. (2017). Riyos Bachtiar, Revianty Nurme liandari, UNIV BINA DARMA PALEMBANG,2017
RSNI T-14-2004. (2004). Geometri Jalan Perkotaan Standar Nasional Indonesia RSNI T-14-2004. 1–60.
Salsabilla, N. (2020). Nadhila Salsabilla ANALISIS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN.
Tho’atin, U., Setyawan, A., Suprapto, M., Sipil, J., Pemeliharaan, M., Infrastruktur, R., & Tengah, J. (2016). PENGGUNAAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI), SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK PENILAIAN KONDISI JALAN DI KABUPATEN WONOGIRI.
Yunardhi, H., Alkasi, M. J., & Sutanto, H. (2018). JURNAL TEKNOLOGI SIPIL
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7564
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.