Analisis Waktu dan Biaya Pembangunan Gedung IKFM, IPS, IPL Dan Parkir Kendaraan Karyawan

Aris Sujarwo(1*), Wateno Oetomo(2)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Teknik Sipil, Fakultas Teknik)
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Teknik Sipil, Fakultas Teknik)
(*) Corresponding Author

Sari


Proyek  konstruksi  merupakan  suatu  rangkaian  kegiatan  yang  saling  berkaitan untuk mencapai suatu tujuan tertentu baik bangunan maupun konstruksi yang didalamnya terdapat Batasan waktu, biaya dan mutu. Untuk itu dibutuhkan suatu metode atau Teknik pengendalian kinerja proyek yang sifatnya konsisten dan terintegrasi agar kinerja proyek tidak berada dibawah kinerja yang telah direncanakan.  Konsep  earned value merupakan  salah satu metode yang dapat digunakan untuk kepentingan pengendalian kinerja proyek. Dalam penelitian kali ini metode earned value akan digunakan untuk menganalisis bagaimana kinerja waktu dan biaya yang ada di proyek pembangunan Gedung ikfm, ips, ipl dan parkir kendaraan karyawan rsud sidoarjo.jika performa pekerjaan dianggap tetap dari kinerja terakhir kali yang didapatkan maka  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja waktu yang didapatkan yakni pada  minggu ke-15 diperoleh hasil spi sebesar 0,923, meskipun spi dibawah 1 namun jadwal proyek diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang direncanakan, namun sebaliknya kinerja biaya menunjukkan hasil yang kurang baik yakni ditandai dengan hasil cpi  sebesar

0,827. Yang berarti proyek tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah   direncakan   namun   dengan   biaya   yang   lebih   besar   yakni   sebesar

9.899.287.561,59. penelitian ini menunjukkan bahwa metode earned value bisa memprediksi hasil akhir serta memberi gambaran status kinerja proyek yang sedang berlangsung secara komprehensif.

Kata Kunci: Earned Value, RSUD Sidoarjo, Kinerja Waktu dan Biaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badiru, Adedeji dan Psimin Pulat, 1995. Comprehensif Project Management: Integrating Optimation Models, Manajemen Pronciples and Computer. Prentic Hall. New Jersey.

Danto, Muhammad Umar., 2016. Analisa Biaya dan Waktu Proyek Pembangunan Kantor Pelabuhan Pomala Sulawesi Tenggara Menggunakan Konsep Earned Value.

Flemming, Q.W., Koppelmen, J.M., 1994. “The Essenceand evolution of Earned

Value”, AACE Transactions.

Gazalba, Zaedar., 2005. Buku Ajar Manajemen Konstruksi, Teknik Sipil

Universitas Mataram.

Maromi, Muhammad Izeul., 2015. Metode Earned Value untuk Analisa Kinerja Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan CondotelDe Vasa Surabaya.

Muhtasar, Sukma., 2021. Analisa Hasil Kinerja (Earned Value Analysis) Terhadap Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Pembangunan Jembatan Alam Roh 17 Kabupaten Banjar.

Pertiwi, Ayuhialinda Ekso., 2015. Evaluasi Pengendalian Waktu pada Proyek Pembangunan Gedug Rawat Inap 3&4 RSUD Suradadi Menggunakan Earned Value Konsep.

Prastyono, Hendra Galih., 2009. Earned Value Analysis terhadap Waktu pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas MIPA UNS).

Priyo, Mandiyo., 2012. Metode “Earned Value” pada Jasa Konstruksi. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Setiawan, Topan Elly., 2020. Analisis Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value pada Proyek Pembangunan Gedung Central PLTD Pulau Sepanjang Sumenep.

Soemardi B.W, Abdul M, Reini, dan Pujoartanto N., 2007. Konsep “Earned Value” untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi, Buku Referensi, Konstruksi: Industri, Pengelolaan dan Rekayasa, Penerbit ITB.

Soemardi B.W, Wirahadikusuma, R.D,Abduh M, 2006. “Pengembangan Sistem Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi di Indonesia”, Laporan Hasil Riset ITB.

Utari, Rini Pebri dan Abdul Samad., 2020. Evaluasi kinerja proyek Pembangunan

Gedung Akibat Covid-19 dengan Metode Earned Value Concept (evm).

Oetomo, Wateno., 2014. Manajemen Proyek dan Konstruksi dalam Organisasi Kontemporer Bagian I. Penerbit PT. Meditama Sapta Karya.Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Oetomo, Wateno., 2014. Manajemen Proyek dan Konstruksi dalam Organisasi Kontemporer Bagian II. Penerbit PT. Meditama Sapta Karya.Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Wahyuni, Elvi dan Bambang Hendrawan., 2018. Analisis Kinerja proyek “Y” Menggunakan Metode Earned Value (Studi Kasus di PT Asian Sealand Engineering).

Witjaksana, Budi dan Sameul Petrik Reresi., 2012. Analisis Biaya Proyek dengan

Metode Earned Value dalam Proses Kinerja.

Yomelda dan Christiono Utomo., 2015. Analisa Earned Value pada Proyek

Pembangunan Vimala Hills Villa dan Resort Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.