STUDI PENGENDALIAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBANGUNAN SAPRAS DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Susana Florence(1*)

(1) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik
(*) Corresponding Author

Sari


Pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, harus memperhatikan kesesuaian dari spesifikasi teknis agar bangunan yang dibuat lebih aman dan kuat sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan lebih lama. Salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian dari keseluruhan proses pelaksanaan pembangunan ini adalah hasil yang dicapai atau bangunan yang terwujud harus berkualitas baik, berfungsi sesuai umur rencana bangunan dan dipelihara secara bersama-sama oleh warga masyarakat pemakai sehingga terjadi kesinambungan manfaat dan lestari. Studi penelitian ini bertujuan agar terealisasinya pelaksanaan program pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana khususnya pendidikan, baik output maupun outcome kegiatan sesuai dengan standar dan kriteria pelaksanaan program, azas dan standar kriteria teknis, tertib administrasi dan tercapainya sasaran program. Saat ini di Provinsi Kalimanta Timur melaksanakan 4 pembangunan yaitu rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah Kab. Mahakam Ulu dengan progres fisik 30,30%, pembangunan gedung akutansi, teknik informasi, teknik sipil Politeknik Negeri Samarinda dengan progres 87,45%, pembangunan gedung perkuliahan terpadu, workshop terpadu Politeknik Negeri Balikpapan dengan progres fisik 80,90%, sedangkan untuk rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana sekolah Kab. Berau belum terealisasi.

Kata kunci : pembangunan, sapras, pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisasmita, Rahardjo. 2012. Analisis Tata Ruang Pembangunan. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Arahan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah Kabupaten Ngawi. (n.d.). In Rencana Tata Ruang Kota Kabupaten Ngawi (p. 1). Retrieved Maret 9, 2020.

Baja, Sumbangan. 2012. Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah. Yogyakarta: CV. Andi.

Bafna, S., & Ramash, R. (2017). Designing The Spatial Syntax Of Office Layouts. Journal Georgia Institute of Technology. Volume 67, Issue 7, Pp. 1-22.

Cahyawati, Puspita. 2019. “Perancangan Sekolah Alam di Kabupaten Malang dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik”. Skripsi. Surabaya: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Khairunnissa, H. (2019). Analisis Pendekatan dan Konsep Perencanaan dan Perancangan. In Training Center and Workshop di Purwodadi, Kabupaten Grobogan . Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mukminan. (2018). Dimensions and Factors of Contemporary Geography Learning Climate at Senior High School. Indonesian Journal of Geography.Vol.50(1) pp.76-84.http://jurnal.ugm.ac.id/ijg.

Peraturan Pemerintah No.36 Tahun 2005 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.28 Tahun 2002.

Peraturan Pemerintah P No. 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian urusan antara Pemerintah, pemerintah daerah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota

Peraturan Menteri PU No.6 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum RTBL

Putra, Widjaya Kumala. 2020. “Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi dalam Pengelolaan Gedung lities”. https://mti.binus.ac.id/2020/12/23/smart-building-management-system/. (Diakses 29 Agustus 2021).

Sydney Harbour Foreshore Authority. 2020. The Rocks Heritage Management Plan: Volume 1.

Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.

Yunus, H S, 2000. Struktur Tata Ruang Kota . Pustaka Pelajar. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v5i1.7269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.