STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR PANTAI TERHADAP NILAI CBR

Jeremi Sitinjak(1*), Fatma Sarie(2), Okrobianus Hendri(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan yang sering dijumpai dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi adalah tidak selalu ditemuinya tanah dasar (subgrade) yang memiliki nilai CBR atau daya dukung yang memadai, sehingga perlu dilakukan stabilisasi. Pada penelitian ini mengambil sampel tanah dari daerah Kasongan Lama, Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisa jenis tanah dan nilai CBR tanah dengan penambahan Pasir Pantai Ujung Pandaran sebagai bahan campuran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan pasir pantai pada tanah lempung terhadap nilai CBR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan analisis data di laboratorium Mekanika Tanah, Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Adapun penelitian yang dilakukan adalah 4 variasi yaitu 0%, 5%, 10% dan 15% dan pemeraman selama 3 hari. Setelah pengujian dan pengolahan data dilakukan didapat hasil sebagai berikut: 3,25%; 4,05%;  6,10%; dan 7,30%. Dari hasil nilai CBR dapat terlihat bahwa penambahan pasir pantai pada tanah lempung menunjukkan peningkatan nilai CBR pada tanah lempung sesuai dengan peningkatan persentase campuran.

Kata kunci: Tanah Lempung, Pasir Pantai, CBR, Tanah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Society for Testing and Materials (ASTM) D 1883-73. 2002. Standard Test Method for CBR (California Bearing Ratio) of Laboratory- Compacted Soils.

ASTM Internasional. 2002. Standard test methods for specific gravity of soil solids by water pycnometer(ASTM D-854), Annual Books of ASTM Standards, USA.

ASTM International. 2005. Standard Test Method for Liquid Limit, Plastic Limit, and Plasticity Index Soils (ASTM D 4318), United State : ASTM International

Bowles, J.E. 1984. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Jakarta: Erlangga.

Craig, R.F dan Susilo S. Budi. 1987. Mekanika Tanah. Jakarta: Erlangga.

Hendarsin. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Simanjuntak, M.R., Lubis, K., dan Rangkuti, N.M. (2017) Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Campuran Pasir Pantai terhadap Nilai CBR. Journal of Civil Enggineering, Building and Transportation, 1(2): 96-104




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6433

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.