ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN RAYA NGERONG CEMOROSEWU

Eyvritto Eltama Styana Putra(1*), Silvia Yulita Ratih(2), Luky Primantari(3)

(1) Universitas Surakarta
(2) Universitas Surakarta
(3) Universitas Surakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penambahan jumlah penduduk serta peningkatan jumlah kendaraan akan menimbulkan konsekuensi baru dalam berlalu lintas seperti kebutuhan fasilitas jalan yang lebih baik, pelanggaran lalu lintas yang meningkat, serta resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas juga semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daerah rawan kecelakaan jalan raya Ngerong Cemorosewu sehingga dapat diambil tindakan yang sesuai untuk mengurangi terjadinya kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas adalah Metode EAN (Equivalent Accident Number). Jumlah kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2020 dengan total 75 kejadian. Jumlah korban kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2018 dengan total 92 korban dan terendah pada tahun 2020 dengan jumlah 64 korban. Bobot tingkat kecelakaan berdasarkan angka EAN adalah 852 pada 13 segmen pengamatan. Nilai BKA (Batas Kontrol Atas) adalah 89,3. Berdasarkan nilai EAN terlihat beberapa segmen berada diatas BKA dan UCL (Upper Control Limit) yaitu segmen 2 (KM. 13+000–KM. 14+000), segmen 8 (KM. 19+000–KM. 20+000), segmen 9 (KM. 20+000–KM. 21+000) dan segmen 10 (KM. 21+000–KM. 22+000), artinya bahwa di segmen tersebut masuk daerah rawan kecelakaan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecelakaan terutama akibat pengemudi adalah harus selalu waspada, jangan lengah, apabila merasa lelah atau mengantuk segera beristirahat serta tidak lupa mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan.

Kata Kunci: Daerah Rawan Kecelakaan, BKA, EAN, UCL


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2009. Undang-Undang No.22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta.

Agus Alisa Putra, Arfi Desrimon, 2019, Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Asep Fahza, Hera Widyastuti, 2019, Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. Jurnal Teknik ITS Vol 8 No 1, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bela Titisari, 2019. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Jogja-Solo Km. 17+300-Km. 49+800 Kabupaten Klaten), Program Studi T. Sipil, Univeritas Muhammadiyah Surakarta.

Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, 1998. Pencegahan dan Penanganan Kecelakaan, Pusdiklat Perhubungan Darat,

Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. 2004. Pedoman Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan lalu Lintas (Pd T-09-2004-B). Jakarta.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, 2007, Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Jakarta

Djoko, P., Amelia, K. I., & Kami, H. B. 2015. Hubungan antara Kecepatan dan Kondisi Geometrik Jalan yang Berpotensi Menyebabkan Kecelakaan Laalu Lintas pada Tikungan. Jurnal Ilmu Terapan Bidang Teknik Sipil, Vol. 21, No. 2, 83 – 90.

Dwi Esti Intari, Hendrian Budi Bagus Kuncoro, Riana Pangestika, 2019, A Nalisis Kecelakaan Lalu Lintas Dan Biaya Kecelakan Materil Pada Ruas Jalan Nasional (Study Kasus: Jl. Raya Serang Km 23 Balaraja – Jl. Raya Serang Km 35 Jayanti Kabupaten Tangerang), Jurnal Fondasi Vol 8(1). Unoversitas Sultan Agung Tirtayasa.

Gito Sugiyanto, Ari Fadli. Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Batas Kontrol Atas Dan Upper Control Limit, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas TeknikUniversitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas (Terjemahan).

Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Imam Samsudin, 2019, Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Ruas Jalan Ir. H. Alala Kota Kendari Ditinjau dari Prasarana dan Geometrik Jalan,

Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.

Intan Kristalia Feryanti, 2019, Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surakarta, Progdi T. Sipil, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

C. Jotin Khisty & B. Kent Lall. 2003. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid I Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta.

Nugroho Utomo, 2019, Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Segmen Jalan By-Pass Krian-Balongbendo (KM. 26+000 – KM. 44+520), ejournal.upnjatim.ac.id. UPN Veteran Jatim. Diakses 6 November 2021.

Muhammad Fakhruriza Pradana, Dwi Esti Intari, Danur Pratidina, 2019, Analisa Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebabnya di jalan Raya Cilegon, Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 2 No 2 Tahun 2019, Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta

Puslitbang, 2004, Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan, Balitbang PU, Bandung

Warpani, S.P., 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Penerbit ITB, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.