PENGARUH JUMLAH SAMPEL TERHADAP MODEL DAN BANGKITAN PERJALANAN DI KOTA RANTAU PADA PENELITIAN MANAJEMEN TRANSPORTASI
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini mengenai permodelan bangkitan perjalanan dengan ukuran sampel yang bervariasi, yaitu 50%, 75% dan 100% dengan metode analisa regresi linear. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk membuat model bangkitan perjalanan terkait dengan jumlah ukuran sampel dan untuk mengetahui pengaruh ukuran sampel tersebut terhadap model
dan hasil bangkitan perjalanan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendataan langsung dengan menggunakan kuesioner, yang diisi secara langsung mandiri oleh responden
maupun dengan bantuan petugas survei. Penelitian ini dilakukan di kota Rantau
Kabupaten Tapin dengan cara sampel acak sejumlah 756 rumah tangga yang tersebar di
11 kecamatan. Pengujian dilakukan pada faktor sosial ekonomi seperti jumlah anggota rumah tangga, pendapatan rumah tangga, kepemilikan sepeda motor dan kepemilikan
mobil. Kemampuan model untuk menjelaskan variasi yang terjadi diukur dengan
koefisien determinasi dengan rentang 0,911 sampai dengan 1,000. Jumlah model bangkitan perjalanan yang terbaik ada 3 buah dari 11 buah model yang terpilih, dengan populasi yang mendominasi model tersebut (y = a + b. populasi). Semakin sedikit jumlah sampel yang diambil menyebabkan bertambahnya nilai koefisien a dan b, juga y. Dengan uji perbandingan Kruskal-Wallis dapat dibuktikan bahwa ukuran sampel tidak begitu mempengaruhi perubahan nilai koefisien a dan b maupun jumlah bangkitan perjalanan.
Kata Kunci: Analisa regresi, ukuran sampel, model bangkitan perjalanan dan uji Kruskal Wallis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Brutton. M.J.(1985), Introduction to Transportation Planning. Hutchinson & Co Ltd, London.
Hobbs, F.D. (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah
Mada University Press, Yogyakarta.
Isya, M (1998), Model Bangkitan Pergerakan Keluarga Dari Zona Perumahan (Studi Kasus Perumahan Kajhu Aceh Besar), Prosiding Simposium I - Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, Bandung 3
Desember 1998, Institut Teknologi Bandung.
Mochammad Sigit, D (1993), Model Bangkitan Lalu Lintas, Studi kasus perumahan Antapani, Kodya Bandung, Tesis S2 Transportasi, Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Pignataro, Louis J., (1973), Traffic Engineering, Theory and Practice, by
Prentice-Hall, inc., Englewood Cliffs, New Jersey.
Stopher, Peter R (1980), Urban Transportation Modelling and Planning, by
D.C Heath and Company, Lexington, Massachusetts, Toronto-London.
Tamin, Ofyar Z (2000), Perencanaan dan Permodelan Transportasi, edisi ke-2, Penerbit ITB, Bandung.
Walpole Ronald E., and Myer, RH. (1995); Ilmu Peluang dan Statistika untuk
Insinyur dan Ilmuwan (terjemahan), edisi ke-4., Penerbit ITB, Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4240
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.