ANALISIS STABILITAS LERENG DAN PENANGGULANGAN LONGSORAN MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS V.8.2

Akhmad Gazali(1*), Abdurahim Sidiq(2), Adhi Surya(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini menyebabkan kondisi lereng yang secara berangsur-angsur mengalami kelongsoran, dimana terjadinya kelongsoran tersebut dapat membahayakan keselamatan masyarakat di sekitar jalan tersebut. Longsoran lereng pada penelitian ini terjadi di jalan Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Propinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil penyelidikan tanah yang dilakukan pada daerah tersebut didominasi oleh jenis tanah lempung dengan kedalaman tanah keras mencapai 10,2 meter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis stabilitas lereng dan alternatif penanggulangan longsoran yang aman dengan bantuan Program PLAXIS V.8.2. Pengolahan data tanah dilakukan di lapangan dan laboratorium, kemudian dilakukan analisis stabilitas lereng dengan menggunakan metode Alan.W.Bishop. Untuk menentukan tekanan tanah aktif dan pasif digunakan metode Rankine. Hasil penelitian melalui analisis stabilitas lereng menggunakan Program PLAXIS V.8.2  menunjukkan bahwa kondisi awal lereng tidak aman dengan nilai Safety Factor (SF) sebesar 1,407. Untuk menanggulangi kelongsoran tersebut, digunakan alternatif pemasangan turap baja bentuk kotak jenis FSP VIL (Profil A dan B), dengan panjang total 10,7 meter dari permukaan tanah. Untuk menahan gaya lateral digunakan jangkar sepanjang 7,2 meter dengan diameter jangkar sebesar 3 cm, sehingga diperoleh kondisi lereng menjadi aman dengan nilai SF sebesar 5,277.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowles, Joseph E. (1981). Analisa dan Disain Pondasi ( jilid 2). Erlangga. Jakarta.

Das, B. M. (1998). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Craig, R. F., (1989). Mekanika Tanah Jilid 4. alih bahasa oleh Soepandji, B. S. Erlangga. Jakarta.

Gazali, Akhmad. (2016). Analisis Stabilitas Lereng Dan Penanggulangan Kelongsoran Lereng Pada Ruas Jalan Abdul Azis Karias (Pasar Amuntai), Kabupaten Hulu Sungai Utara. Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Banjarmasin.

Gazali, Akhmad. (2019). Analisis Penanggulangan Longsoran Pada Tepi Timbunan Jalan Menggunakan Perkuatan Dinding Turap Galam Di Daerah Rawa Kabupaten Barito Kuala. Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Banjarmasin.

Indrasurya. Prof. Dr. Ir. (2000). Teknologi Perbaikan Tanah dan Alternatif Perencanaan pada Tanah Bermasalah. Jurusan Teknik Sipil FTSLK–ITS. Surabaya.

M, J.Smith.(1984). Mekanika Tanah (Soil Mechanics) Edisi keempat. Erlangga. Jakarta.

Murthy, V. N. S. Geotechnical Engineering Principle and Practices of Soil Mechanics and Foundation Engineering. Basel. Newyork.

Pradoto, Suhardjito. Dr. Ir. (1989). Teknik Fundasi. Lab Geoteknik Pusat Antar Universitas Ilmu Rekayasa ITB. Bandung.

PU, (1987). Petunjuk Perencanaan Penanggulangan Longsoran. PU. Jakarta.

Sunggono. (1984). Mekanika Tanah. Nova. Bandung.

Wiratni, N. E. (2009). Perencanaan Kelongsoran Dengan Menggunakan Turap Di Halaman Pasar Negara Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan. Skripsi S1 Geoteknik. FT. UNLAM. Banjarbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i1.3593

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.