ANALISA KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DI PUSAT TERMINAL ANTASARI KOTA BANJARMASIN

Bimo Aryo Prayetno Putra(1*), hudan rahmani(2), Muhammad Gunawan Perdana(3)

(1) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(2) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(3) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mrngalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas perkotaan. Contohnya saja perjalanan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya di kota Banjarmasin yang jumlahnya terus mengalami peningkatan. Analisa   ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dan wawancara kepada pengguna sarana transportasi tersebut, dimana pengambilan data dilakukan berdasar data primer (lapangan) dan data skunder (dari instansi terkait).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja angkutan kota belum cukup efisien karena headway rata-rata belum memenuhi kenyamanan pengguna dalam beroprasi. Sedangkan angkutan kota yang ditinjau dari tingkat waktu tunggu penumpang tidak memenuhi syarat yang ditentukan standard word bank dan Departemen perhubungan, kecepatan rata-rata mempunyai kinerja baik dan memenuhi syarat  yang  ditentukan  standard  word  bank  dan  Departemen perhubungan,  faktor

muatan dan sarana pendukung kurang memadai dalam standar kenyamanan penumpang angkot.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Perhubungan RI, Direktorat Jendral Perhubungan Darat (2002).

Morlok, E.K,(1985), perencanaan transportasi, Erlangga, Jakarta. Nasution, H.M.N. (2003), “Manajemen Transportasi”, Ghalia, Jakarta. PP No.41 tahun, (1993). Angkutan Jalan.

Salmani ST.,MS,.MT, (2002). “Analisa Kinerja Angkutan”, Banjarmasin.

www.google.com, Ilmu Transportasi.

www.google.com, Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v1i1.1435

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.