ANALISA KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DI PUSAT TERMINAL ANTASARI KOTA BANJARMASIN
(1) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(2) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(3) universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari
(*) Corresponding Author
Sari
Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mrngalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas perkotaan. Contohnya saja perjalanan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya di kota Banjarmasin yang jumlahnya terus mengalami peningkatan. Analisa ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dan wawancara kepada pengguna sarana transportasi tersebut, dimana pengambilan data dilakukan berdasar data primer (lapangan) dan data skunder (dari instansi terkait).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja angkutan kota belum cukup efisien karena headway rata-rata belum memenuhi kenyamanan pengguna dalam beroprasi. Sedangkan angkutan kota yang ditinjau dari tingkat waktu tunggu penumpang tidak memenuhi syarat yang ditentukan standard word bank dan Departemen perhubungan, kecepatan rata-rata mempunyai kinerja baik dan memenuhi syarat yang ditentukan standard word bank dan Departemen perhubungan, faktor
muatan dan sarana pendukung kurang memadai dalam standar kenyamanan penumpang angkot.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Departemen Perhubungan RI, Direktorat Jendral Perhubungan Darat (2002).
Morlok, E.K,(1985), perencanaan transportasi, Erlangga, Jakarta. Nasution, H.M.N. (2003), “Manajemen Transportasi”, Ghalia, Jakarta. PP No.41 tahun, (1993). Angkutan Jalan.
Salmani ST.,MS,.MT, (2002). “Analisa Kinerja Angkutan”, Banjarmasin.
www.google.com, Ilmu Transportasi.
www.google.com, Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v1i1.1435
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.