PERENCANAAN PERKERASAN JALAN MALIJO DENGAN KONSTRUKSI DAUR ULANG DI KABUPATEN KOTAWARINGINBARAT

Tahan Tarip(1*)

(1) Fakultas Teknik Universitas Kristen Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Sarana infrastruktur jalan memiliki peranan penting untuk menunjang kegiatan masyarakat di bidang ekonomi maupun kegiatan sosial lainnya. Ketersediaan jalan yang baik dan stabil sangat berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas. Jalan Malijo Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan jalan kabupaten yang memiliki lalu lintas harian yang tinggi karena sering kali dilewati kendaraan berat. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka metode yang dapat diterapkan yaitu metode perkerasan CTRB. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengetahui tebal perkerasan Jalan Malijo Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, dengan menggunakan konstruksi Daur Ulang/CTRB. Dengan menggunakan data primer yang melakukan pengamatan langsung di lapangan yaitu data Lalu Lintas Harian Rata – rata (LHR) dan menggunakan data sekunder yaitu dara CBR dan Curah Hujan. Dari perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil desain menggunakan konstruksi CTRB dengan lapis permukaan lataston 9 cm, Lapis Penambahan Aggregat 15,5 cm, Lapis Pondasi Atas (CTRB) 20 cm, Lapis pondasi bawah 10 cm dengan nilai CBR tanah dasar rata – rata sebesar 5,33 % serta CBR karakteristik sebesar 4,8%.


Kata Kunci


Jalan, CTRB, Daur Ulang, Perencanaan Jalan, CBR Karakteristik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Putri, VA.2016, Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Jalan Soekarno – Hatta Bandar Lampung), Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Cahyono, D. 2020, Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Cara Overlay Dengan Menggunakan Cement Treated Recycling Base (CTRB) (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Giripurno Kota Batu), Universitas Muhammadiyah Malang,

Departemen Pekerjaaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya. PU, Jakarta.

Masykur dan Kurniawan, S.2017, Analisa Pengujian Dynamic Cone Penetrometer (Dcp) Untuk Daya Dukung Tanah Pada Perkerasan Jalan Overlay (Studi Kasus: Ruas Jalan Metro – Tanjungkari Sta 7+000 S/D Sta 8+000), Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro Lampung.

Widiastuti, AP.2018, Analisis Perbandingan Desain Struktur Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Empiris Dan Metode Mekanistik Empiris Pada Ruas Jalan Legundi-Kanigoro-Planjan, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.

Sahrianto, LA.2016, Analisa Perbandingan Konstruksi Jalan Perkerasan Lentur Dengan Perkerasan Kaku Ditinjau Dari Metode Pelaksanaan Dan Biaya Studi Kasus: Pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Mantingan-Ngawi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sriharyani, L dan Oktami, D.2016, Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (Dcp) Untuk Uji Lapangan Pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron ( Studi Kasus Di Bandar Udara Radin Inten Ii Lampung), Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro Lampung.

Sukirman, S. 1994, Perkerasan Lentur Jalan Raya , Jakarta : Penerbit Nova.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v6i1.11804

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.