DAMPAK KEBERADAAN JALAN TOL TERHADAP TRANSPOTASI YANG MELINTASI DI JALUR PANTURA

Wahyudiono Wahyudiono(1*), Frendy Perandana(2)

(1) universitas selamat sri
(2) Fakultas Teknik Dan Rekayasa, Universitas Selamat Sri
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Dampak ekonomi dari infrastruktur transportasi secara umum diterima dalam teori di mana dijelaskan bahwa investasi transportasi mempunyai pengaruh yang kuat dan positif pada output ekonomi di tingkat nasional atau negara bagian. Pemerintah Indonesia pada periode 2015-2019 gencar untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan tol di berbagai wilayah salah satunya adalah jalan tol Trans Jawa. Setelah beroperasinya jalan tol Trans Jawa wilayah yang berada di jalur pantura Jawa mengalami perubahan aktivitas ekonomi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan wilayah pada aspek ekonomi antara kondisi sebelum dan setelah beroperasinya jalan tol dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan wilayah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan jalan tol lebih banyak dinikmati oleh wilayah yang merupakan tujuan pergerakan, sedangkan pada wilayah yang bukan merupakan tujuan pergerakan cenderung kurang diuntungkan dengan terjadinya penurunan aktivitas ekonomi setelah beroperasinya jalan tol. Penelitian ini juga menemukan bahwa jalan tol berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan pajak daerah dan banyaknya kendaraan truk yang tidak menggunakan jalan tol karena mahalnya tarif tol. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan wilayah setelah beroperasinya jalan tol dan juga berpengaruh terhadap per ekonomian jalur pantura di antara nya para pedagang kuliner maupun rumah makan yang banyak di sepanjang jalur pantura mengalami penurunan omset, dikarenakan mobilitas kendaraan pribadi cendurung lewat jalan yang bebas macet dan jangkauan lebih efektif.


Kata Kunci


Keberadaan Jalan Tol

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Antara News. (2018, Mei 10). Omzet pedagang telur asin turun setelah tol Brebes-Pemalang dibuka. Retrieved Juli 20, 2018 from https://www.antaranews.com/berita/708548/omzet-pedagang-telur-asin-turun- setelah-tol-brebes-pemalang-dibuka

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S. P. (2014). Pengaruh pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di kecamatan Kalijati kabupaten Subang. Bandung : Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). PDRB Kabupaten Brebes Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha 2010-2016 . Brebes: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). PDRB Kabupaten Cireobon Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha 2010-2016 . Kabupaten Cirebon: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). PDRB Kabupaten Indramayu Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha 2010-2016 Jakarta: Badan Pusat Statistika Indonesia. Indramayu: Baadan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). PDRB Provinsi Jawa Barat Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha 2010-2016 . Bandung: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). PDRB Provinsi Jawa Barat Tengah Dasar Harga Konstan Menurut Lapangan Usaha 2010-2016 . Semarang: Badan Pusat Statistik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v6i1.11179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.