RANCANGAN PEMBUATAN WEBSITE PORT PORTAL REPORT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PELABUHAN INDONESIA

Al Hanief Sadam Onassies(1), Rochmat Zukhri Agung Nugroho(2), Aris Dwi Purnomo(3*)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Pada sektor pelabuhan, kegiatan bongkar muat sudah berkembang dengan pesat. Ini dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan sehingga pengiriman melalui transportasi laut mengalami kemajuan yang pesat. Kemajuan yang pesat meninggalkan beberapa permasalahan yang muncul pada kegiatan bongkar muat ataupun pengiriman melalui laut. Pengguna jasa memiliki banyak keluhan, akan tetapi tidak dapat tersampaikan kepada para penyedia jasa. Sebuah website berbasis online bernama ”Port Portal Report” sebagai solusi dari keluhan pengguna jasa yang tidak tersampaikan. Tujuan dari website ini adalah mempermudah segala penyampaian dan menghadirkan solusi dari berbagai permasalahan ataupun keluhan dari para pengguna jasa, yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi sehingga memudahkan menyuarakan opini serta keluhan, yang tidak mengharuskan para pengguna jasa datang langsung ke tempat penyedia jasa, hanya cukup mengakses Port Portal Report.

Kata Kunci:  Pelabuhan, Website, Pelayanan


Teks Lengkap:

PDF 27-35

Referensi


Arianto, D. (2018). Evaluasi Pencapaian Standar Pelayanan di Pelabuhan Balikpapan Evaluation level of service Achievement in Port of Balikpapan. 16(4), 159–170.

Azmi, R. F. (2018). ANALISA KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN GRESIK. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).

Fadhillah, F., & Haryanti, I. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125–139.

SAHARA, S., & Annas Ruli Pradana. (2021). Optimalisasi Penggunaan Forklift Terhadap Kelancaran Proses Bongkar Steel Coil Di Pt. Daisy Mutiara Samudra. Logistik, 14(1), 57–68.

Sahara, S., Hadi, W., & Purnama Putra, Y. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Penetapan HSCode(Studi Kasus : Impor Ball ValvePT. Global Cargo System). 15(01), 48–63.

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan Dan Komputer Akmi Baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK, 19(01), 1–10.

Wibisono, G., & Susanto, W. E. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi, 6(2).

Wicaksana, A. (2016). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG BANJARMASIN.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v6i1.9848

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.