PENGARUH ENTREPRENEURIAL BEHAVIOUR TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM BATIK PAOMAN DI KABUPATEN INDRAMAYU
(1) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(2) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(3) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(*) Corresponding Author
Sari
Industri batik Paoman merupakan salah satu UMKM di Kota Indramayu yang bergerak dalam bidang olahan kain batik yang harus peka untuk mampu menyelesaikan permasalahan, dikarenakan jika tidak segera diatasi maka maka berdampak pada keberlanjutan usaha. Pada dasarnya untuk bisa mencapai keunggulan kompetitif pelaku usaha harus mampu untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Entrepreneurial Behavior merupakan perilaku pelaku usaha untuk mengidentifikasi kondisi tersebut. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan membagikan kuisioner yang ditujukan pada UMKM. Hasil menemukan bahwa Entrepreneur Behaviour (X) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan usaha industri batik Paoman. Hasil pengujian untuk koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai koefisien R2 dari model regresi sebesar 0.087 (8.7%) yang menjelaskan bahwa variabel Entrepreneurial Behavior mampu menjelaskan pengaruh dari keberlanjutan usaha sebesar 8.7%.
Kata Kunci: Entrepreneurial Behavior, Keberlanjutan Usaha, UMKM
Teks Lengkap:
PDF 190-202Referensi
Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837
Amir, R. M., Burhanuddin, B., & Priatna, W. B. (2018). The Effect of Individual, Environmental and Entrepreneurial Behavior Factors on Business Performance of Cassava SMEs Agroindustry in Padang City. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.17358/ijbe.4.1.1
Artha, S., & Intan, R. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.
Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Issue November). https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-triwulan-iii-membaik-pembalikan-arah-aktivitas-ekonomi-menuju-zona-positif/
Putra, E. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Citra Swalayan Dengan Variabel Intervening Service Quality. In Jurnal Apresiasi Ekonomi (Vol. 2, Issue 2, pp. 89–94). https://doi.org/10.31846/jae.v2i2.61
Romdlon, A. R., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Distribusi Menggunakan Metode PDSQ Pada Ud. Zahra Barokah. Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM), 5(1), 15–26.
Sabrudin, D., & Suhendra, E. S. (2019). Dampak Akuntabilitas, Transparansi, dan Profesionalisme Paedagogik Terhadap Kinerja Guru di SMKN 21 Jakarta. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 4(1), 38.
Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Rajagrafindo Persada.
You Tang, Z., & Mesfin, H. (2020). Research on the Effect of Marketing Mix on the Competitive Advantage: A Study of Selected Small and Medium Enterprises in Bole Sub City, Addis Ababa, Ethiopia. The International Journal of Management Science and Business Administration, 7(1), 15–28. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.71.1002
Yulianti, A. (2020). Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha. In Univesitas Komputer Indonesia. Univesitas Komputer Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v5i2.7807
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.