PENGARUH EDUKASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Iva Mindhayani(1*), Puji Asih(2)

(1) Universitas Widya Mataram
(2) Universitas Widya Mataram
(*) Corresponding Author

Sari


Data BPS menunjukkan bahwa 95% angkatan kerja didominasi oleh tamatan SD dan SMP. Maka perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi seputar K3 sejak usia dini sehingga nantinya mereka memiliki mindset kerja dengan benar dengan terus selalu berhati-hati dan waspada mengenai bahaya yang ada di tempat kerja. Kesadaran akan budaya K3 merupakan cara yang ampuh untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Pelaksanaan K3 merupakan tanggungjawab bersama semua pihak yang terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi K3 dasar terhadap pengetahuan pada anak sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner pada responden, selanjutnya data kusioner diolah dengan uji statistik menggunakan program aplikasi SPSS versi 20.0 untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari edukasi K3 pada anak Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel X yaitu edukasi keselamatan dan kesehatan kerja dengan variabel Y yaitu pengetahuan siswa. Dimana variabel X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 53,8 %, terhadap variabel Y dan sisanya 46,2 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci:  edukasi; K3; pengetahuan;sekolah dasar


Teks Lengkap:

PDF 148-156

Referensi


Alvianto, PP. 2019. Perlukah Persiapan Serta Sosialisasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Sejak usia Dini?. Kesehatan. Kompasiana.com. Artikel dapat dibaca di https://www.kompasiana.com/pandualvianto/5dcd447e097f3676b8598712/perlu-kah-persiapan-serta-sosialisasi-k3-kesehatan-dan-keselamatan-kerja-sejak-dini

Budiastuti, D., & Bandur, A. 2018. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis NVIVO, SPSS, dan AMOS. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Dewi, P. 2020. Penerapan dan Implementasi Program K3 di Dunia Pendidikan. Artikel dapat dibaca di http://safex.id/2020/04/20/penerapan-dan-implementasi-program-k3-di-dunia-pendidikan/.

Fassa, F., & Rostiyanti, S. (2020). Pengaruh Pelatihan K3 Terhadap Perilaku Tenaga Kerja Konstruksi Dalam Bekerja Secara Aman Di Proyek. Jurnal Architecture Innovation, 4(1), 1-14. http://journal.podomorouniversity.ac.id/index.php/JAI/article/view/96

Janna, NM., Herianto. (TT). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Artikel dapat dibaca di https://osf.io/v9j52/download

Natalia, M. (2021). Tanamkan Budaya K3 kepada Pelajar Cara Ampuh Tekan Kecelakaan Kerja. Ekonomi Bisnis. Sindonews.com. Artikel dapat dibaca di https://ekbis.sindonews.com/read/350926/34/tanamkan-budaya-k3-kepada-pelajar-cara-ampuh-tekan-kecelakaan-kerja-1614603783

Nilamsari, N., dan Damayanti, R. (2018). Efektifitas Pelatihan P3k Dan K3 Pada Peningkatan Pengetahuan Guru PAUD di Gresik. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 3(1), 33-44. DOI: http://dx.doi.org/10.21111/jihoh.v3i1.2429

Setiawan, I. (2018). Sosialisasi Budaya K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) untuk Usia Dini di Tingkat Sekolah Dasar IKIP 2 Kota Makassar. Jurnal TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17-22.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Syamsiah., Fachrin, SA., dan Wahyu, A. (2021). Pengaruh Edukasi Modul Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dasar Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Utama 2 Kota Tarakan. Journal of Moeslim Community Health (JMCH), 2(3), 129-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v5i2.7713

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.