ANALISIS PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ABC DAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI PT. DAYA MUDA AGUNG

Karmandito Kresna Saputra(1*), Muhammad Marsudi(2), Yassyir Maulana(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Persediaan barang dimaknai sebagai barang yang diperoleh perusahaan buat dijual kembali atau diolah lebih lanjut dalam rangka menjalankan kegiatan perusahaan. Tanpa adanya persediaan, perusahaan akan dipertemukan pada suatu resiko dimana perusahaan mengalami kendala karena tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan yang membutuhkan barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. PT. Daya Muda Agung yaitu sebuah perusahaan farmasi yang bergerak di bidang distribusi obat yang mendistribusikan ke berbagai rumah sakit atau apotik. Dari kegiatan distribusi yang dilakukan perusahaan, ditemukan beberapa jenis obat yang mengalami kelebihan persediaan hingga berdampak pada kadaluarsa. Pengendalian persediaan obat bertujuan buat menciPT.akan keseimbangan antara persediaan dengan permintaan. Buat itu, perusahaan harus memliki suatu metode perencanaan dan pengendalian persediaan obat. Bagian dari metode tersebut dikenal dengan Economic Order Quantity (EOQ). Economic Order Quantity (EOQ) yakni metode manajemen persediaan yang menentukan jumlah pemesanan/pembelian yang harus dilakukan dan berapa banyak jumlah yang harus dipesan agar biaya total (penjumlahan antara biaya pemesanan dan biaya penyimpanan) menjadi minimum. Perencanaan persediaan obat pada PT. Daya Muda Agung memakai metode Economic Order Quantity (EOQ), merubah beberapa kebijakan perusahaan terhadap jumlah pemesanan obat, diketahui total biaya pemesanan obat dari kebijakan perusahaan yaitu sebesar Rp 8.955.447.782 sedangkan total biaya pemesanan dari hasil penelitian yaitu sebesar Rp 8.659.305.844, selisih dari total biaya tersebut yaitu sebesar Rp 296.141.938.

 

Kata Kunci : ABC, Economic Order Quantity, Persediaan Obat


Teks Lengkap:

PDF 46-52

Referensi


Anief, M.(2001). Manajemen Farmasi. Universitas Gajah Mada.

Assauri, S.(2004). Manajemen Produksi dan Operasi(Edisi Revisi).

Assauri, S.(2008). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi(Edisi Revisi). PT Raja Grafinso Persada.

Handoko, H. T.(1984). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi.

Heizer, J., & Render, B.(2010). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Indroprasto, E. S.(2012). Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQ Memakai Algoritma Genetika buat Mengefisiensikan Biaya Persediaan.

Johns, D., & Harding, H.(2001). Manajemen Operasi buat Meraih Keunggulan Kompetitif.

Prakoso, A.(2015). Tinjauan Atas Saluran Distribusi PT Daya Muda Agung Bogor. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor.

Rangkuti, F.(2007). Manajemen Persediaan. Rajagrafindo Persada.

Rudianto.(2012). Pengantar Akuntansi Adaptasi IFRS. Erlangga.

Sianturi, D. R., Arvianto A.(2014). Implementasi Persediaan EOQ Multi Item dengan Mempertimbangkan Masa Deathstock pada Non-Konstan Demand.

Tersine, R. J.(1994). Principles of Inventory and Material Management 4th Edition. Pretince Hall International Edition.

Ukirama.(2016). Pengertian, Fungsi, dan Metode Pengendalian Persediaan(Stock Control) pada Perusahaan Manufaktur. https://ukirama.com/id/blogs/pengertian-fungsi-dan-metode-pengendalian-persediaan-stock-control-pada-perusahaan-manufaktur

Utari, A.(2014). Cara Pengendalian Persediaan Obat Paten dengan Metode Analisis ABC Metode Economic Order Quantity(EOQ) Buffer Stock dan Reorder Point(ROP) di Unit Gudang Farmasi RS Zahirah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Valentino, P. F.(2020). Perencanaan Persediaan Obat Memakai Model EOQ Multi Item. Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v4i2.5855

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.