APLIKASI PENGOLAHAN DATA BANTUAN SOSIAL PAGI PMKS DI DINAS SOSIAL BANJARMASIN

Ibrahim Ibrahim(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penyajian pengolahan data bantuan sosial di Dinas Sosial Prov Kalsel masih menggunakan semi komputer. Dan dirasa masih kurang efektif dan efisien menyebabkan penyajian informasi atau laporan menjadi lambat dan kurang akurat. Selain itu, tidak adanya sistem keamanan membuat data-data yang berkaitan dengan data bantuan sosial di Dinas Sosial menjadi tidak aman dan rawan akan tindakan manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak memiliki kewenangan dan juga menjadikan bantuan sosial agar tepat sasaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, peneliti memandang perlu dibangunnya aplikasi khusus untuk mengelola data bantuan sosial praktik berbasis desktop Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi data bantuan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial adalah metode pengembangan perangkat lunak dengan model waterfall. Sementara itu, rancangan sistemnya dibuat menggunakan diagram konteks dan data flow diagram (DFD).Adapun tools yang digunakan adalah Delphi 7, phpMyAdmin 4.5.1 dan XAMPP 3.2.2. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa selain mempermudah pengelolaan data, aplikasi pengolah data bantuan sosial mampu menyajikan hasil output berupa laporan yang mempermudah hasil rekapitulasi data yang dibutuhkan personal maupun data.Selain itu, disarankan juga untuk memperbaiki form data pembagian sembako, kelompok usaha bersama, dan bedah rumah lebih kompleks seperti hal nya saat penerimaan data selesai atau sudah terealisasi mendapatkan notifikasi sms kepada pemohon bantuan.

Kata Kunci : Aplikasi, Bantuan Sosial, Delphi 7, Xamp.


Teks Lengkap:

PDF 1-5

Referensi


Dinsos Kalsel. (2017). Sejarah Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Diperoleh 9 Juli 2018, dari http://dinsos.kalselprov.go.id/profil/sejarah.

Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ichwan, Muhammad. 2011. Pemrograman Basis Data : Microsoft Visual Basic 6.0 dan MySql. Bandung : Informatika

Jogiyanto, H. (2008). Pedoman Survei Kuesioner, Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kemensos. (2017). Bantuan Sosial. Diperoleh 9 Juli 2018, dari https://www.kemsos.go.id/content/bantuan-sosial.

Khaidir. (2004). Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kusnassriyanto. (2011). Belajar Pemrograman Delphi. Bandung : Modula

Raharjo, Budi. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySql. Bandung : Informatika

Riyanto. (2014). Membuat Sendiri Aplikasi Web Store dengan PHP, JQuery dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Gava Media.

Supriyanto. (2005). Perancangan Aplikasi. Surabaya: Widyastana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v2i2.2437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.